UMKM Sumatera Barat Bisa Menembus Pasar Luar Negeri: Ada 600 Jenis Pekerjaan Butuhkan Tenaga Kerja Banyak di Australia, Ini Harapan Mahyeldi

Kamis, 21 Juli 2022, 20:38 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
UMKM Sumatera Barat Bisa Menembus Pasar Luar Negeri: Ada 600 Jenis Pekerjaan Butuhkan...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi berdialog dengan urang awak yang tengah merantau di Melbourne Australia, Muhammad Abduh di gubernuran Sumbar, Kamis. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (21/7/2022) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi melihat, terdapatnya 600 jenis lapangan pekerjaan di Australia yang bisa menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang banyak, perlu ditindaklanjuti secara serius. Catatannya, skill atau kapabilitas sumber daya manusia, harus memenuhi standar kualifikasi yang dibutuhkan

"Jadi, ada sekitar 600 lebih peluang kerja atau job vacancy di Australia ini tidak main-main. Ini peluang yang sangat besar untuk penyerapan tenaga kerja khususnya Sumbar," ujar Mahyeldi saat bertemu langsung dengan perantau Australia asal Minangkabau, Muhammad Abduh di ruang rapat Istana Gubernur, Kamis.

Oleh sebab itu, terang Mahyeldi, Pemprov Sumbar bersama stakeholder terkait akan melakukan langkah-langkah konkrit dalam mengisi peluang tersebut, seperti memberikan pelatihan dan kursus kepada para tenaga kerja Sumbar sesuai dengan persyaratan yang diberikan.

Mahyeldi berharap, kedepannya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa mengembangkan usaha mereka ke Australia khususnya masakan tradisional Rendang.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

"Kedepan kita berharap dengan banyaknya masyarakat kita yang merantau di Australia, kita ingin ada industri rendang di sana," ungkap dia.

"Bahan dan bumbunya kita kirim dari sini, agar rendang yang dihasilkan benar-benar mencerminkan cita rasa asli rendang Sumbar," tambah Mahyeldi.

Sementara itu, Muhammad Abduh perantau asli Minangkabau yang berprofesi sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi di Melbourne Australia menuturkan, untuk menyerap lebih banyak tenaga kerja, salah satunya dengan memperbanyak populasi orang Indonesia khususnya orang Minangkabau untuk tinggal di Australia.

"Bahwasanya untuk mewujudkan, membuat Minang lebih besar diluar negeri khususnya Melbourne Australia, kita butuh orang lebih banyak untuk tinggal di sana," ungkap Abduh yang juga tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang Saiyo Melbourne (IKMSM).

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

"Karena, semakin banyak orang Minang tinggal di sana, maka Minang akan semakin besar dan interaksi perantau dengan masyarakat disana akan semakin baik," tambah Abduh.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: