Kubu Gulai Bancah Wakili Bukittinggi di Lomba Kelurahan Beprestasi Sumbar Tahun 2022

Kamis, 16 Juni 2022, 14:31 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Kubu Gulai Bancah Wakili Bukittinggi di Lomba Kelurahan Beprestasi Sumbar Tahun 2022
Wawako Bukittinggi, Marfendi didampingi Nurna Eva Karmila (ketua GOW Bukittinggi) pada penilaian kelurahan berprestasi tingkat nasional yang diikuti Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Kamis. (hamriadi)

Penilaian, lanjutnya, mengarah pada keterkaitan data profil kelurahan dengan dukungan perencanaan dan penganggaran serta inovasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pasca covid-19, serta bagaimana perwujudan kelurahan bersih. Pelaksanaan kelurahan berprestasi dibagi tiga tahapan, administrasi, paparan lurah dan Klarifikasi lapangan.

"Secara administrasi, Kota Bukittinggi masuk dalam 4 besar terbaik di Sumbar. Semoga menjadi terbaik nantinya di Sumbar untuk setiap tahapannya," ungkapnya.

Ada tujuh bidang yang dinilai oleh tim dari Provinsi Sumatera Barat yaitu, bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ekonomi masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat, bidang PKK dan bidang kelembagaan dan partisipasi masyarakat.

Baca juga: Perangi Kemiskinan dan Kebodohan jadi Tema Hari Pahlawan 2023, Marfendi: Ini Tantangan

Layanan Online

Lurah Gulai Bancah, Andri Gusfrima, dalam eksposnya, memaparkan, dalam masa pandemi ini banyak inovasi-inovasi yang diciptakan pemerintah kelurahan berupa Aplikasi Link Cyber Pelayanan dan Aplikasi Pemberdayaan Masyarakat. Semua aplikasi sudah memiliki barcode, sehingga lebih cepat masyarakat mengakses link-nya.

Selain mempunyai inovasi, kelurahan Kubu Gulai Bancah juga mempunyai produk unggulan yang banyak. Seperti, aneka sulaman, sentra makanan ringan, kerajinan aklirik dan aneka rajut.

Selain itu, di kelurahan ini juga ada dua Pokdakan yang mengelola magot, ikan lele, nila serta pembuatan arang dari batok kelapa. Pengolahan sampah biodigester, sehingga hanya sampah plastik yang dibuang.

Dengan banyaknya produk unggulan UMKM di sini sehingga bisa membuat masyarakat menjadikan Kelurahan yang tangguh dan membuat ekonomi masyarakat tumbuh. (ham)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: