Penawaran Binary Option dan Robot Trading Dibahas di Raker Satgas Waspada Investasi Sumbar

Kamis, 17 Maret 2022, 22:44 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Penawaran Binary Option dan Robot Trading Dibahas di Raker Satgas Waspada Investasi Sumbar
Kepala OJK Sumbar, Yusri memberikan penjelasan tentang Binary Option dan Robot Trading pada Rapat Kerja SWI Sumatera Barat bersama 10 instansi anggota SWI lainnya di Padang, Selasa.

Sementara, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat, Yusri menyampaikan, dari data Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) sejak Januari 2021 sampai dengan Maret 2022, terdapat 6 pertanyaan yang disampaikan masyarakat yang berdomisili di Sumatera Barat, terkait Binary Option dan Robot Trading.

"Saat ini, tengah marak penawaran investasi ilegalBinary Option dan Robot Trading di masyarakat," ungkapnya.

Sebagai upaya melindungi masyarakat, terang dia, SWI berperan aktif dalam melakukan pencegahan dan penanganan investasi ilegal dan pinjaman online ilegal yang semakin marak. Pada saat ini, SWI beranggotakan 12 kementerian/lembaga dengan SK yang diperbarui setiap tahunnya.

Baca juga: Benny Yusrial Wujudkan Aspirasi Tempat Berwudhu TK Islam Al Wirdah

Di Sumatera Barat, anggota SWI rutin mengadakan Rapat kerja setiap semester dan rapat koordinasi secara insidentil sesuai dengan perkembangan isu investasi ilegal dan pinjaman online ilegal. Pada Rapat Kerja yang dilaksanakan kemarin, dihadiri 40 orang anggota SWI Sumatera Barat.

Terdapat 2 agenda utama yaitu pemaparan isu terkini investasi ilegal di masyarakat serta penetapan program kerja tahun 2022 SWI Provinsi Sumatera Barat.

Setelah pemaparan isu investasi ilegal terkini, acara dilanjutkan dengan Rapat SWI Sumatera Barat yang membahas mengenai realisasi program kerja SWI Sumatera Barat 2021 berupa pelaksanaan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat yang telah terlaksana sebanyak 8 kali.

Kemudian, berupa edukasi secara langsung dan virtual, penayangan iklan waspada investasi ilegal dan pinjol ilegal di televisi lokal yaitu TVRI Sumbar dan Padang TV serta media sosial instagram dan facebook Infosumbar serta penayangan pada videotron yang dikelola oleh pemerintah provinsi Sumatera Barat dan pemerintah kabupaten/kota.

Edukasi masif merupakan kunci utama untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai investasi ilegal. Oleh karena itu, rencana program kerja tahun 2022 SWI Provinsi Sumatera Barat tetap mengutamakan program edukasi dan sosialisasi, baik secara langsung maupun virtual, sebagai upaya pencegahan berkembangnya investasi ilegal di masyarakat.

Seluruh anggota SWI Provinsi Sumatera Barat yang hadir pada rapat ini berkomitmen untuk memasukan materi waspada investasi ilegal dalam setiap kegiatan yang mereka selenggarakan, sehingga pertumbuhan investasi ilegal khususnya di Sumatera Barat dapat diminimalisir. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: