PKS Pasbar Bersihkan Puing Masjid Raya Kajai, Ramadhan Ditargetkan Bisa Terpakai Lagi

Jumat, 04 Maret 2022, 15:39 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
PKS Pasbar Bersihkan Puing Masjid Raya Kajai, Ramadhan Ditargetkan Bisa Terpakai Lagi
Kader PKS Pasaman Barat membersihkan puing-puing reruntuhan Masjid Raya Kajai yang runtuh akibat gempa berkekuatan 6,1 SR pada Jumat pagi pekan lalu. (robbi irwan)

PASBAR (3/3/2022) - Relawan kemanusiaan yang tergabung dalam Tim Operasi Tanggap Darurat Bencana (TDB) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pasaman Barat, lakukan aksi membersihkan puing Masjid Raya Kajai, Kecamatan Talamau, Kamis.

Koordinator Relawan PKS Pasaman Barat, Indra Budiman mengatakan, kegiatan tersebut masih rangkaian aksi kemanusiaan pascagempa yang telah meluluhlantakkan sejumlah wilayah di kaki Gunung Talamau itu.

"Khusus giat hari ini, kami mengoperasikan satu unit ekskavator, dibantu dua unit dump truck untuk pembersihan reruntuhan masjid. Alat tersebut bantuan dari PKS Sumatera Barat," ungkapnya.

Sebelumnya, lanjut Indra, pada giat hari pertama tanggap darurat pihaknya mendirikan dapur umum tersebar disejumlah titik permukiman terdampak bencana seperti di Kajai, Timbo Abu dan Padang Tujuh.

Baca juga: Roboh Akibat Gempa: Masjid Raya Kajai Diresmikan, Dibangun dalam 7 Bulan

Selain itu, relawan juga bekerja penuh membantu membersihkan puing rumah warga yang runtuh akibat gempa.

Di samping pendirian fasilitas dapur umum, PKS juga membuka layanan kesehatan dengan dibantu tiga unit mobil Ambulance Yankes dan turut membantu evakuasi korban bencana.

"Alhamdulillah, kami bisa melayani sekitar 500 jiwa warga terdampak untuk setiap harinya," sebut Indra.

Untuk kegiatan kedepan, PKS akan membantu menyediakan hunian sementara bagi masyarakat berdasarkan prioritas sesuai dengan kemampuan yang ada. (pl1)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: