Inflasi Februari 2022 di Sumbar Didorong Faktor Tarif Air PDAM dan Bahan Bakar Rumah Tangga

Rabu, 02 Maret 2022, 19:44 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Inflasi Februari 2022 di Sumbar Didorong Faktor Tarif Air PDAM dan Bahan Bakar Rumah...
Ilustrasi.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Kebijakan kenaikan tarif cukai rokok yang diterapkan pada bulan Januari 2022 mendorong kenaikan harga komoditas aneka rokok secara gradual di tingkat eceran.

Sementara itu, kelompok lain yang turut mengalami deflasi yaitu kelompok transportasi dengan nilai deflasi -0,46% (mtm) dan andil -0,06% (mtm). Deflasi pada kelompok transportasi terutama bersumber dari penurunan tarif angkutan udara.

Tarif angkutan udara kembali mengalami deflasi sejalan dengan normalisasi permintaan dan penurunan aktivitas penerbangan di Sumatera Barat pasca Libur Natal dan Tahun Baru.

"Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Barat secara aktif melakukan berbagai langkah pengendalian inflasi daerah di Sumatera Barat dalam rangka menjaga inflasi yang rendah dan terkendali di tengah momentum pemulihan ekonomi," ungkap Wahyu.

Pada awal tahun 2022, tercatat terjadi kenaikan harga komoditas minyak goreng akibat adanya keterbatasan pasokan dan dampak kenaikan harga CPO global. Dalam rangka menjaga kestabilan harga minyak goreng, TPID Sumatera Barat berkoordinasi dengan TPID kabupaten/kota dan stakeholders terkait untuk menjaga keterjangkauan harga dan kecukupan pasokan melalui berbagai kegiatan. (vry)

Halaman:
1 2 3
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: