BMKG Pusat Kirim Tim ke Malampah Pastikan Kejadian Likuifaksi atau Galodo

Jumat, 25 Februari 2022, 12:29 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
BMKG Pusat Kirim Tim ke Malampah Pastikan Kejadian Likuifaksi atau Galodo
Timbunan tanah menembus perkampungan di Malampah, Kabupaten Pasaman, Jumat. Pergraakan masa tanah ini akibat gempa tektonik paginya.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (25/2/2022) - Ratusan kubik tanah bergerak laksana air sungai, membelah ruas jalan Malampah, Jumat. Peristiwa alam ini terjadi pascagempa berkekuatan 6,2 SR melanda Kabupaten Pasaman Barat, pukul 08.39 WIB.

"Apakah jenis likuifaksi atau pergerakan masa tanah (galodo), perlu dilakukan pemeriksaan lapangan. Saya akan langsung memimpin survey lokasi," ungkap Kepala Pusat Seismologi Teknik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono, Jumat.

Dikatakan Rahmat, tim BMKG pusat akan berangkat dari Jakarta ke Sumatera Barat pada Sabtu pagi untuk kemudian langsung menuju lokasi gempa.

Informasi yang dihimpun, lokasi longsor ini terjadi di Bukit Lintang, Rawang Sungai Langkok Jorong Siparayo, Nagari Malampah, Kabupaten Pasaman.

Baca juga: PT KPI Dumai Serahkan Bantuan Uang Tunai Rp100 Juta untuk Korban Banjir Lahar Dingin di Agam

Untuk menuju lokasi, akses terdekat dengan masuk dari Simpang Padang Sawah.

Selain longsor, ratusan rumah mengalami rusak berat di Nagari Kajai akibat gempa ini. Juga terdapat korban luka. Informasi akuratnya masih dalam pendataan tim BPBD Pasaman Barat. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: