Gubernur Sampaikan LKPj 2021, Ketua Fraksi Gerindra Walk Out, Ini Alasannya

Senin, 21 Februari 2022, 22:21 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Gubernur Sampaikan LKPj 2021, Ketua Fraksi Gerindra Walk Out, Ini Alasannya
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyampaikan nota pengantar LKPj Tahun Anggaran 2021 pada sidang paripurna DPRD Sumbar, Senin. Ini merupakan LKPj tahun perdana masa jabatan Mahyeldi-Audy Joinaldy. (humas)

"Tahun 2021, kita melakukan orientasi baru tanpa mengabaikan target kinerja dalam RPJMD, sebagaimana arahan presiden, agar fokus pembangunan harus mendukung upaya pemulihan akibat dampak pandemi Covid19," ujar Mahyeldi.

Selanjutnya, dia juga menguraikan mengenai kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah yang terdiri atas pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah. Termasuk juga kinerja penyelenggaraan urusan pemerintahan, terutama terkait dengan urusan wajib pelayanan dasar.

Beberapa program dan kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka mendukung visi misi daerah, di antaranya adalah pembangunan SMA/SMK baru berdasarkan potensi daerah, sanitasi yang layak di sekolah.

Baca juga: Hidayat: Program Pokir Anggota DPRD itu harus jadikan Masyarakat Mandiri dan Berdaya Saing

Kemudian, menjadikan Masjid Raya Sumbar sebagai pusat pembelajaran ABS SBK dan wisata religi, mencetak 100 ribu milenial dan woman entrepreneur serta program strategis nasional (PSN) jalan tol Pekanbaru-Padang.

"Pembangunan jalan tol seksi Sicincin-Padang sudah masuk tahap konstruksi dengan realisasi fisik 45,25 persen dan lahan 36,01 persen. Direncanakan, tahun 2023 sudah dapat dioperasionalkan. Sedangkan untuk tiga seksi lainnya masih dalam proses basic design," tambah Mahyeldi.

Diakhir pemaparan, Mahyeldi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD Sumatera Barat serta seluruh stakeholders, karena pelaksanaan pembangunan Sumbar sepanjang 2021 pada hakekatnya merupakan hasil sinergi, inovasi dan kinerja bersama pemerintah daerah dengan DPRD Sumbar, Forkopimda, Ormas, lembaga profesi, perguruan tinggi, tokoh-tokoh agama, insan pers dan seluruh lapisan masyarakat Sumbar.

Mahyeldi berharap, LKPj Tahun Anggaran 2021 ini, dapat jadi bahan bagi DPRD Sumatera Barat dalam memberikan saran, masukan dan rekomendasi serta catatan-catatan untuk penyempurnaan dan perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah Provinsi Sumatera Barat ke depan. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: