Mahyeldi Bicara Membangun Akses Global ke Ikatan Pelajar Minang Internasional

Minggu, 20 Februari 2022, 21:12 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mahyeldi Bicara Membangun Akses Global ke Ikatan Pelajar Minang Internasional
Gubernur Sumbar, Mahyeldi berdialog dengan perwakilan IPMI didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Dedy Diantolani dan Suyatno (Plt Kadis Pendidikan Sumbar), di ruang tamu Istana Gubernuran Sumbar, Sabtu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (19/2/2022) - Ikatan Pelajar Minang Internasional (IPMI) mengharapkan Pemprov Sumatera Barat mendukung program literasi yang saat ini telah dijalankan di sekolah-sekolah. Belasan anggota IPMI ini berasal dari berbagai perguruan tinggi di berbagai negara.

"IPMI melakukan roadshow ke sekolah-sekolah agar siswa-siswi di Sumbar mendapatkan informasi lebih banyak tentang sekolah di luar negeri. Diharapkan, akan makin banyak siswa yang melanjutkan studi keluar negeri," ungkap Yovandra, salah seorang perwakilan IPMI yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa program master di Wuhan University China, Sabtu.

Pertemuan IPMI bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi ini, digelar di ruang tamu Istana Gubernuran Sumbar, Sabtu.

"Sebenarnya, banyak yang berkeinginan melanjutkan studi ke luar negeri. Di sisi lain, peluang beasiswa juga banyak, tapi minim informasi bahkan misinformasi bahwa sekolah di luar negeri tidak amanlah, dan lainnya," terang Yovandra.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

"Makanya, kami ingin roadshow ke sekolah. Di antaranya, kami sudah mengunjungi SMAN 3 Pariaman, MAN 2 Tanah Datar, SMA 3 Batusangkar dan SMA 4 Payakumbuh," tambah Yovandra.

Dia mengharapkan, Pemprov Sumbar memberi dukungan, agar gerakan ini jadi gerakan massal, dimana setiap kabupaten kota punya pusat informasi tentang peluang sekolah atau kuliah di luar negeri. Sehingga, setiap siswa sudah punya gambaran awal sedari dini, akan melanjutkan kemana setelah sekolah.

"Di sini, sekolah punya peran lebih untuk mengarahkan siswa sesuai minat bakatnya," tambah Yovandra.

Persoalan lain adalah, banyak siswa yang berpeluang mendapatkan beasiswa, tapi tidak memiliki biaya ongkos atau biaya hidup selama kuliah, termasuk biaya karantina mandiri yang jadi satu syarat keluar negeri di masa pandemi ini.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Dedy Diantolani dan Suyatno (Plt Kadis Pendidikan Sumbar), Mahyeldi mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan IPMI.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: