Lokakarya Iluni UNP, Gestro: Pessel harus Maksimalkan Pembinaan Olahraga

Rabu, 07 Oktober 2015, 16:24 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Lokakarya Iluni UNP, Gestro: Pessel harus Maksimalkan Pembinaan Olahraga
Ketua Iluni UNP Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, Gestro Joni, memberikan sambutan dalam Lokakarya Iluni UNP di Painan, Rabu (7/10/2015). (istimewa)

VALORAnews - Ketua Iluni UNP Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, periode 2015-2019, Gestro Joni menegaskan, pembinaan Olahraga harus dimaksimalkan di Pessel. Dengan begitu, akan muncul bibit atlet berprestasi dari sejumlah cabang olahraga yang ada.

"Kalau itu terlaksana, diyakini para atlet bisa mengharumkan nama kabupaten Pessel dan Sumbar di pentas nasional bahkan Internasional," ungkap Gestro di lokakarya pembinaan olahraga di Kabupaten Pesisir Selatan dalam mendukung Sumatera Barat menuju Tuan Rumah PON 2024, yang digelar Iluni UNP di Painan, Rabu (7/10/2015).

Dikatakan Gestro, Pessel pernah meraih prestasi di cabor Paralayang (prestasi Internasional) dan Gulat (Nasional). Untuk kembali menorehkan prestasi, pemaksimalan pembinaan atlet di Pessel, sudah harus dilakukan.

"Tanpa itu (pemaksimalan pembinaan-red), bibit-bibit berprestasi tadi jelas akan sia-sia. Yang rugi bukan hanya Kabupaten Pessel saja, tapi Sumbar juga," kata Gestro yang juga pelatih utama cabor Gulat dan Sekretaris Umum KONI Pessel itu.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

Sementara, Ketua KONI Pessel, Welly Hendra meyakini, potensi yang dimiliki para atlet asal daerah ujung selatan Sumbar tersebut, masih belum tergali optimal. Salah satu bukti, terangnya, di saat Porprov 2014 Dharmasraya lalu.

Kendati mereka (para atlet-red) berangkat dengan anggaran minim, ungkap Welly, Kontingen Pessel masih bisa menduduki peringkat ke-12, dengan mengantongi 19 emas, 22 Perak, dan 30 Perunggu. Medali emas terbanyak diperoleh cabor paralayang dengan total 8 emas, dan gulat 3 emas.

"Total cabang olahraga yang kita (Pessel) ikuti sebanyak 29 cabor. Sebanyak 22 cabor berhasil meraih medali diajang tersebut," terang Welly. (relis)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: