PKK Pasaman Barat Ajak Orang Tua Peduli Kasus Stunting

Jumat, 04 Februari 2022, 17:34 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
PKK Pasaman Barat Ajak Orang Tua Peduli Kasus Stunting
Wakil Ketua PKK Pasaman Barat, Fitri Risnawanto dan jajaran, lakukan monitoring dan evaluasi ke Posyandu Kenanga di Jorong Malasiro, Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo bersama tim PKK nagari, Jumat. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (4/2/2022) - PKK Pasaman Barat berharap, daerah itu bisa zero kasus stunting. Untuk mencapai target itu, orang tua diminta aktif membawa anaknya datang ke Posyandu.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua PKK Pasaman Barat, Fitri Risnawanto, ketika melakukan monitoring dan evaluasi ke Posyandu Kenanga di Jorong Malasiro, Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo bersama tim PKK nagari, Jumat. Dikesempatan tersebut, juga diberikan vitamin A untuk Balita.

"Semua pihak terlibat untuk memberikan pemahaman pada orang tua tentang pentingnya menjaga asupan gizi pada usia emas anak, 0-5 tahun,"harap Fitri.

Orangtua, terang dia, harus peduli sehingga kasus stunting bisa menurun bahkan zero di Bumi Mekar Tuah Basamo ini. Pasalnya, Posyandu yang diselenggarakan oleh pemerintah itu secara gratis untuk memantau tumbuh kembang anak-anak.

Baca juga: Paduan Suara Agam Dapat Standing Aplaus Ketua TP PKK Sumbar

"Jika orang tua rutin membawa anaknya ke Posyandu, maka pertumbuhan anak bisa dipantau setiap saat. Bagaimana tinggi badannya, berat badan dan lainnya. Di Posyandu, juga diberikan vitamin dan makan tambahan, dengan tujuan tidak ada lagi anak yang kekurangan gizi," kata Fitri.

Ia juga meminta orang tua untuk aktif, memberikan makanan tambahan pada anak dengan usia emas tersebut. Dengan datang ke Posyandu, maka bisa dikonsultasikan jika anak tidak tumbuh sesuai dengan standar kesehatan.

"Kalau orang tua rutin datang ke Posyandu membawa anaknya, akan diketahui dan dicarikan solusi jika anak kita tidak tepat tumbuh dan perkembangannya," ujar Fitri.

Sementara itu, Wali Nagari Kapa, Edi Hartono mengatakan, upaya nagari untuk mencegah stunting sudah dilakukan melalui Posyandu dan pemberian makanan tambahan. Pemerintah nagari, juga sudah melakukan cara-cara agar masyarakat Nagari Kapa memahami tumbuh kembang anak Balita tersebut.

Baca juga: PKK Agam Wakili Provinsi Sumbar di Ajang Lomba Paduan Suara Tingkat Nasional

"Program perbedaan masyarakat sudah kami lakukan dengan penyuluhan dan bantuan makanan yang sehat untuk anak anak di Nagari Kapa. Sehingga, kesehatan anak-anak lebih optimal," katanya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: