AJI Padang Pertanyakan Kriteria Anugerah Khusus KPID Sumbar, Afriendi: Terimakasih Masukannya

Rabu, 22 Desember 2021, 21:58 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
AJI Padang Pertanyakan Kriteria Anugerah Khusus KPID Sumbar, Afriendi: Terimakasih...
Ketua AJI Padang, Aidil Ichlas.

Terimakasih Masukannya

Terpisah, Ketua KPID Sumbar, Afriendi Sikumbang menyatakan, terima kasihnya pada AJI Padang maupun masyarakat yang telah memberi kritikan dan masukan terkait pelaksanaan Anugerah KPID Sumbar 2021 yang dihelat di auditorium gubernuran Sumbar.

"Kritikan ini sangat membangun, sehingga kedepan KPID lebih memperhatikan banyak hal terkait apresiasi terhadap penyelenggaraan penyiaran," ungkap Afriendi.

Baca juga: Gubernur Sumbar Didemo, AJI Padang: Sudah Banyak Insiden Pemprov Lecehkan Wartawan

Terkait apresiasi terhadap tokoh dan pejabat publik yang diberikan KPID, terangnya, merupakan keputusan lembaga. Tentunya, itu berdasarkan penilaian bahwa semua tokoh tersebut punya andil dan kepedulian terhadap kemajuan dunia penyiaran, sesuai dengan peran maupun kontribusi mereka di institusi masing-masing.

"Kami menilai, tidak ada potensi konflik kepentingan dalam pemberian penghargaan ini," terangnya.

Menurut Afriendi, KPI sebagai wujud peran serta masyarakat berfungsi mewadahi kepentingan masyarakat akan penyiaran. Oleh karena itu, KPID dalam menjalankan tugas dan kewenangannya perlu melakukan koordinasi dan/atau kerjasama dengan Pemerintah, lembaga penyiaran dan masyarakat.

"KPI butuh dukungan serta penguatan kelembagaan dari semua pihak terutama pemerintah," terangnya.

Terkait penilaian program siaran, KPI tetap memperhatikan kewajiban pemenuhan program lokal pada televisi berjaringan penayangan program lokal. "Kami tidak menilai program televisi yang bukan merupakan program lokal. Bahan siaran yang diminta itu adalah program lokal, jadi itu yang dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para tokoh yang kompeten dibidangnya," terangnya.

Penerima anugerah KPID Sumbar 2021 untuk Kategori Khusus terdiri dari Tokoh Inspiratif Penyiaran yang diberikan pada Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Audy Joinaldy (Wakil Gubernur Sumbar), Hj Nevi Zuairina (Anggota DPR RI), Leonardy Harmaini (Ketua Badan Kehormatan DPD RI), Supardi (Ketua DPRD Sumbar) dan Irsyad Syafar (Wakil Ketua DPRD Sumbar).

Kemudian, Tokoh Peduli Penyiaran diserahkan pada Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri, Evi Yandri Rajo Budiman (Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar), Firdaus (Anggota Komisi I DPRD Sumbar) dan Delliyarti (Kepala Bakeuda Sumbar)

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: