Wali Nagari di Agam akan Dibiayai Kuliah Kuliah di UI Selama 4 Tahun

Kamis, 16 Desember 2021, 18:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Wali Nagari di Agam akan Dibiayai Kuliah Kuliah di UI Selama 4 Tahun
Dosen Ilmu Administrasi UI, Idris Hadi Sikumbang hadir secara virtual pada pelantikan 25 wali nagari di Agam, Rabu. Dikesempatan itu, Hadi menawarkan mengikuti pendidikan tinggi di Universitas Indonesia (UI). (humas)

AGAM (15/12/2021) - Pemkab Agam membuka kesempatan bagi wali nagari untuk menempuh pendidikan tinggi di Universitas Indonesia (UI). Hal itu dalam rangka meningkatkan kapasitas kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Agam.

Bupati Agam, Andri Warman saat melantik 25 wali nagari, Rabu mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya bakal menandatangani MoU dengan UI terkait kerjasama peningkatan kompetensi ASN di lingkup Pemkab Agam.

"Besok, jika tidak ada aral melintang akan ditandatangani MoU bersama UI, saya harap para wali nagari yang dilantik hari ini tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Sebab, pemerintah akan membiayai kuliah selama 4 tahun," ujarnya.

Menurut Andriwarman, para wali nagari di Kabupaten Agam memiliki latar pendidikan yang berbeda. Untuk itu perlu penyamaan persepsi, khususnya di bidang ilmu administrasi pemerintahan.

Baca juga: Dicari Perempuan Inspiratif Tingkat Agam 2022

"Alangkah bangganya kita, empat tahun mendatang, wali nagari-wali nagari di Kabupaten Agam jadi lulusan universitas tertua di Indonesia," ucapnya.

Wali nagari yang berkuliah nantinya, sambung Andriwarman, akan diseleksi melalui angket yang telah disediakan.

Kedepan, peningkatan kapasitas kompetensi serupa juga bakal menyasar lembaga lain. Seperti, Badan Musyawarah (Bamus), Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan lain-lain.

Sementara itu, Dosen Ilmu Administrasi UI, Idris Hadi Sikumbang saat jadi pembicara virtual pada pelantikan walinagari mengatakan, pihaknya bakal membangun sinergi bersama Pemkab Agam.

Baca juga: Yenni Andri Warman Hadiri Pertemuan Forum Istri Kepala Daerah

Diungkapkan, Pemkab Agam jadi instansi pertama di Sumatera Barat yang menjadi pilot project kerjasama Fakultas Ilmu Administrasi UI, terkait peningkatan kompetensi SDM melalui pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: