180 Anggota SPP Dibekali Ilmu Manajemen

Senin, 28 September 2015, 21:43 WIB | Wisata | Kab. Agam
180 Anggota SPP Dibekali Ilmu Manajemen
Salah seorang peserta pelatihan bagi pengurus kelompok SPP se-Kecamatan Lubukbasung, di aula Panti Asuhan Aisyiyah, Senin (28/9/2015), memberikan pertanyaan pada narasumber. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua UPK PNPM Kecamatan Lubukbasung, Agustanius mengatakan, pelatihan pengurus kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) se-Kecamatan Lubukbasung ini, diikuti 180 anggota yang terdiri dari 60 kelompok SPP se-Kecamatan Lubukbasung. Peserta yang diutus per kelompok sebanyak tiga orang yaitu ketua, bendahara dan sekretaris.

"Kegiatan yang digelar selama satu hari ini, bertujuan untuk meningkatkan SDM pengurus kelompok SPP di tingkat nagari, jorong sekaligus pemahaman hubungan antara keterlibatan PKK dengan SPP," kata Agustinus saat pelatihan bagi pengurus kelompok SPP se-Kecamatan Lubukbasung, di aula Panti Asuhan Aisyiyah, Senin (28/9/2015).

Dikatakan Agustianus, kelompok SPP di Kecamatan Lubuk Basung berdiri sejak program PNPM-MPd diluncurkan pada 2007, dengan jumlah kelompok sampai saat ini 119 kelompok. Yang aktif saat ini sebanyak 75 kelompok. Bagi kelompok yang tidak aktif, dikarenakan kelompok yang telah mandiri.

Total modal SPP, ungkapnya, sampai saat ini sebesar Rp3,3 miliar. Sementara, untuk surplus UPK PNPM-MPd dari 2007 sampai 2014 sebesar Rp1,02 miliar. "Dari jumlah dana tersebut, 60 persen digunakan untuk modal dan 40 persen untuk bantuan sosial," ungkap Agustinus seperti dikutip dari siaran pers Pemkab Agam.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

Pelatihan SPP yang dimotori oleh kaum ibu-ibu ini, bertemakan 'Terciptanya kerjasama yang baik antara TP-PKK dengan PNPM-MPd serta mewujudkan tertib administrasi pembukuan dan keuangan kelompok SPP perguliran.'

Hadir di kesempatan itu, Ketua TP-PKK Agam, Ny Vita Indra Catri sekaligus sebagai narasumber, Noval (Sekretaris BPNPM Agam), Helton (Camat Lubukbasung), Darma Ira Putra (Wali Nagari Lubukbasung), Ridwan (Wali Nagari Manggopoh), Roni (Wali Nagari Kampuang Pinang) dan pengurus BPNPM Kecamatan Lubukbasung. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: