Masyarakat Pesisir Tiku Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai

Sabtu, 26 September 2015, 20:08 WIB | Wisata | Kab. Agam
Masyarakat Pesisir Tiku Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai
Sejumlah siswa SMK Kelautan Tanjung Mutiara, Jumat (25/9/2015), ikut kegiatan bersih-bersih Pantai Tiku bersama masyarakat setempat yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) se-Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumbar. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Masyarakat pesisir pantai Tiku yang tergabung ke dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) se-Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumbar, menggelar aksi bersih pantai, Jumat (25/9/2015).

Kegiatan tersebut diapresiasi Bupati Agam, Indra Catri yang juga ikut menghadiri aksi itu. Kegiatan bersih-bersih pantai ini, juga melibatkan anak sekolah setempat di antaranya SMK Kelautan Tanjung Mutiara.

"Apresiasi luar biasa pada nelayan dalam aksi bersih-bersih pantai ini. Kegiatan ini menunjukkan salah satu bukti kepedulian masyarakat, untuk menjaga dan melestarikan keindahan pesisir pantai, apalagi Pantai Tiku juga merupakan salah satu objek wisata di Agam," kata Indra Catri.

Dikesempatan itu, Indra Catri mengingatkan para nelayan dan masyarakat pesisir, untuk tidak mengeksploitasi potensi laut dengan cara yang tidak benar atau merusak.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

Indra Catri mencontohkan terumbu karang yang ada di Pantai Tiku, memiliki manfaat luar biasa sebagai tempat hidup ikan dan biota laut lainnya. Jika dirusak, akan mengganggu keseimbangan ekosistem laut.

"Mari kita saling bahu-membahu menggelar kegiatan ini, secara berkelanjutan. Karena menjaga kelestarian laut, bukan hanya tanggung jawab aktivis lingkungan, tapi juga membutuhkan kerjasama yang baik dengan seluruh elemen," terang Indra Catri, dikutip dari siaran pers Pemkab Agam.

Sementara, seorang tokoh masyarakat Tiku yang juga tergabung ke dalam kelompok nelayan KUB, Sawirman mengatakan, aksi bersih-bersih tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan memiliki laut bagi masyarakat pesisir pantai.

"Kegiatan ini hampir setiap bulan dilakukan dengan melibatkan anak sekolah, sekaligus memberikan pelajaran dan kesadaran dini kepada anak terhadap kebersihan lingkungan," katanya. (kyo)

Baca juga: Bapenda Agam Pasang Tapping Box di Lokasi Wajib Pajak

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: