Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan di Pessel

Jumat, 18 September 2015, 16:52 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Tim Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan di Pessel
Api terus berkobar dengan hebatnya di dalam areal HUT PT Sapta, di Silaut, Kecamatan Lunang Silaut. Tim gabungan telah dikerahkan Pemkab setempat, untuk memadamkan api di areal yang direncanakan akan ditanam sawit itu. (lelek/valoranews)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Tim gabungan diterjunkan untuk memadamkan kobaran api di ratusan hektar lahan milik PT Sapta di Silaut, Kecamatan Lunang Silaut sejak sepekan terakhir. Api yang sudah berkobar sejak Kamis pekan kemarin, telah menyebabkan kabut asap makin pekat di kawasan Silaut dan sekitarnya.

Sebelumnya, pihak kepolisian telah menerjunkan jajaran Polres Pesisir Selatan bersama tim Damkar Pesisir Selatan, namun lokasi yang cukup luas, membuat pemadaman sangat sulit dilakukan.

Bahkan tim dari pusat dan provinsi juga telah turun ke lokasi PT Sapta Silaut, melakukan pemantuan dan penelitian di lapangan. Lokasi kebakaran yang sulit dijangkau dengan mobil pemadam kebakaran, membuat pemadaman hanya bisa menggunakan mesin pompa air.

"Angin laut yang berubah-ubah menjadi kendala pemadaman api," ungkap Plh Bupati Pesisir Selatan, Erizon, beberapa saat lalu.

Baca juga: PILKADA 2024: DPC PPP Pessel Gelar Konsolidasi untuk Menangkan Pasangan Hendrajoni-Risnaldi

Menurutnya, kalaupun ada pelanggaran pembakaran hutan oleh oknum-oknum yang sengaja maupun tidak disengaja, akan dikenakan sanksi tegas sesuai aturan.

"Kita akan lakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, menyikapi kebakaran hutan di Pessel," terang Erizon.

Erizon mengimbau masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan/kebun, yang bisa menimbulkan kebakaran lahan lebih luas.

Sementara, Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Deni Yuhasdi menjelaskan, pada Jumat siang ini anggota mulai digeser ke lokasi kebakaran di PT Sapta, untuk membantu pemadam kebakaran lahan.

Baca juga: JEMBATAN WISATA PANTAI CAROCOK, Damel: Proses Lelang Sudah Sesuai Aturan

"Walaupun belum menggangu aktifitas masyarakat serta jarak pandang, namun begitu harus ada penindakan tegas dan keseriusan pihak terkait untuk menyikapi kebakaran lahan ini," terangnya.(lek)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: