Pasbar Luncurkan Program Wakaf Darul Hikmah, Wabup: Rancang Aplikasi untuk Memudahkan

Senin, 06 September 2021, 17:49 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Pasbar Luncurkan Program Wakaf Darul Hikmah, Wabup: Rancang Aplikasi untuk Memudahkan
Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto memberikan arahan pada peluncuran program Wakaf Darul Hikmah, di aula kantor bupati, Senin. (robbi irawan)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PASAMAN BARAT (6/9/2021) - Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto mengatakan, wakaf uang jika dikumpulkan secara berkelanjutan, akan bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

"Program wakaf sangat luar biasa manfaatnya bagi masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid19 saat ini," ungkap Risnawanto usai peluncuran program Wakaf Darul Hikmah, di aula kantor bupati, Senin.

Berdasarkan paparan Kakan Kemenag Pasaman Barat, ungkap Risnawanto, wakaf uang di Kemenag bisa terkumpul sebanyak Rp18 juta setahun.

"Jika hal serupa bisa dilakukan Pemkab, kita pikir akan terkumpul lebih banyak dan bisa dimanfaatkan dengan baik. Karena wakaf, zakat dan sedekah itu jelas berbeda," kata Risnawanto.

Baca juga: Pemkab Pasbar Rangkul Pengusaha Atasi Kemiskinan Ekstrem

Jika diperlukan untuk penguatan tentang aturan, lanjutnya, akan dibuatkan Peraturan Daerahnya. Apalagi dalam kesempatan peluncuran ini, juga hadir anggota DPRD. "Jika dibutuhkan, juga akan diperkuat dengan Peraturan Bupati (Perbup)," ucapnya.

Pemkab Pasbar, terangnya, juga akan membuat program baru seperti Jumat Berkah. Di hari Jumat itu, akan ada kegiatan berinfaq atau Jumat Berbagi. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan uang dan selanjutkan akan dibagikan kepada yang membutuhkan.

Risnawanto meminta, program wakaf tersebut dibuatkan aplikasinya. Sehingga, masyarakat yang ingin ikut berwakaf, bisa melakukan transfer melalui aplikasi itu. "Teknologi sudah semakin canggih. Kehadirannya dibutuhkan untuk memberikan layanan maksimal," terangnya.

Wakaf Tanaman

Baca juga: Warga 45 Nagari di Pasaman Barat masih Berstatus Buang Air Besar Sembarangan

Sementara itu, Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia (BWI) Sumatera Barat, Japeri mengatakan, wakaf saat ini semakin dicintai masyarakat Indonesia, sejak Presiden RI beberapa waktu lalu meluncurkan program tersebut.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: