Gubernur Sumbar Hijaukan Pantai Maligi dengan Pohon Mangrove dan Cemara Udang

Rabu, 01 September 2021, 19:24 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Gubernur Sumbar Hijaukan Pantai Maligi dengan Pohon Mangrove dan Cemara Udang
Gubernur Sumbar, Mahyeldi menerima penjelasan tentang kondisi Pantai Maligi, Sasak, Pasaman Barat dari pihak terkait, usai penanaman 8.400 Mangrove dan Cemara Udang, Rabu. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (1/9/2021) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi lakukan penanaman 8.400 Pohon Mangrove dan Cemara Laut di sepanjang Pantai Maligi, Sasak, Rabu. Penghijauan di sepadan pantai ini dalam rangka menciptakan penahan tekanan air laut alami, di daerah itu.

"Pantai Sasak Maligi dan Sikilang ini, rawan terjadinya abrasi pantai. Salah satu solusinya, selain menaman tanaman Mangrove dan Cemara Laut, juga membangun penahan ombak atau batu grib," ungkap Mahyeldi disela penanaman.

Menanam Mangrove danCemara Laut, sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat dan sekaligus memperindah kawasan pesisir pantai.

Selain itu, juga bisa menahan tekanan air laut. Tanaman itu juga bisa jadi tempat ikan bertelur dan berkembang biak sekaligus akan jadi lokasi wisata baru nantinya.

Baca juga: Mahyeldi Paparkan Beda Fasilitas Antisipasi Bencana di Gunung Marapi Sumbar dan Merapi Yogyakarta ke Komisi V DPR RI

Mahyeldi berharap, masyarakat Maligi bisa menjaga dan merawat Mangrove dan Cemara Laut yang baru ditanam itu, sehingga bisa memberikan manfaat di masa depan.

Belum Tergarap

Mahyeldi juga menyoroti potensi Maligi disektor wisata dan ekonomi lainnya. Menurutnya, sektor itu bisa jadi sumber pendapatan bagi masyarakat.

"Selain wisata pantai, saya lihat potensi tanaman kelapa cukup baik. Mari gerakkan potensi yang ada secara bersama-sama," ajak Mahyeldi.

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

Mahyeldi juga melihat, kondisi jalan Maligi sangat parah. Dia menilai, fasilitas untuk sarana transportasi masyarakat ini perlu diperbaiki, agar akses masyarakat berjalan lancar.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: