Teknik Menghafal Al Quran Lebih Mudah dengan Visual

Kamis, 17 September 2015, 19:12 WIB | News | Kota Padang
Teknik Menghafal Al Quran Lebih Mudah dengan Visual
Suasana seminar menghafal al Quran Semudah Tersenyum, yang diadakan Yayasan Rumah Anak Sholeh 85, diharapkan dapat mencetak generasi cinta qurani. (istimewa)

VALORAnews - Semua Anak Adalah Bintang. Semboyan yang ditanamkan Yayasan Rumah Anak Sholeh 85 (RAS), mengantarkan keinginan agar dapat menanamkan jiwa cinta al Quran pada anak.

Lewat acara seminar dan pelatihan Menghafal al Quran Semudah Tersenyum di Masjid Nurul Iman, Padang, RAS menyajikan materi bahwa konsepnya, al Quran bukan sekadar hafalan, namun perlu ada pemahaman dan untuk diresapi.

Kegiatan ini dihadiri sedikitnya 1.300 peserta yang terdiri dari guru PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan TPQ/TPA. Bahkan, mahasiswa dan umum pun sangat antusias mengikuti acara.

"RAS didirikan lima tahun lalu oleh alumni SMAN 2 Padang. Tujuannya adalah agar dapat melahirkan generasi penerus yang membanggakan Sumbar," tutur Perwakilan Dinas Pendidikan yang memberi sambutan dalam agenda ini.

Baca juga: Dekat dengan Al Quran Penting, Marfendi: Jangan Sampai Masuk Tiga Kategori yang Dijauhi

Beliau menambahkan, pemerintah senantiasa mendukung penanaman semangat Islam kepada anak-anak.

Pemaparan materi bersama pendiri Yayasan, Askar Kauny dan Penggiat metode Menghafal al Quran Semudah Tersenyum, Ustadz Bobby Herwibowo.

"Metode menghafal pada dasarnya sebanyak 90 persen berupa visual dan 10 persen huruf/angka. Jadi teknik mengingat lewat gambar-gambar lebih mudah diserap otak, dibanding pelafalan huruf/angka," jelasnya.

Perwakilan Dompet Dhuafa Singgalang, Amrullah, yang turut dalam agenda ini, menceritakan kegiatan ini pada Rabu (16/9/2015) tentang dukungannya akan gelaran acara yang dinilai sangat mengedukasi demi menciptakan generasi penerus yang berlandaskan pada kitabullah.

Baca juga: Mahyeldi Dukung Program Penghafal Quran Baznas

"Acara yang berlangsung pada hari Minggu kemarin sangat mengesankan, diajarkan metode menghafal al Quran yang efektif dan mudah diterapkan di usia dini bagi anak-anak. Semoga program ini terjaga kelangsungannya dengan dukungan pemerintah," tutur Amrul.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: