Vaksinasi Melengkapi Prokes 5M dalam Memutus Rantai Penularan Covid19

Kamis, 01 Juli 2021, 16:55 WIB | News | Nasional
Vaksinasi Melengkapi Prokes 5M dalam Memutus Rantai Penularan Covid19
Sekdako Padang Panjang, Sonny Budaya Putra memimpin rapat evaluasi penerapan vaksinasi Covid 19, Kamis (1/7/2021) di Ruangan VIP Balaikota. (kominfo)

PADANG (1/7/2021) - Sekdako Padang Panjang, Sonny Budaya Putra menilai, perlu dilakukan langkah-langkah percepatan dalam melaksanakan vaksinasi sebagai upaya pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid19).

"Pencegahan penularan tidak cukup dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 5M saja. Vaksinasi dirasa perlu dalam penanganan Covid19, terutama dalam pemulihan ekonomi. Hal ini sejalan dengan kebijakan pusat dalam menargetkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat menerima suntikan vaksin Covid19," ungkap Sonny, Kamis (1/7/2021) di Ruangan VIP Balaikota.

Sonny, saat itu memimpin rapat tindaklanjut perkembangan pelaksanaan vaksinasi Covid19 di tingkat kecamatan dan kelurahan yang ada di Padang Panjang. Turut hadir dalam rapat ini, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Martoni, Zulheri (Plt BPBD Kesbangpol), Busmar Chandra (Sekretaris Dinas Kominfo), serta camat dan lurah se-Kota Padang Panjang.

Makna gerakan 5M Prokes adalah sebagai pelengkap aksi 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Baca juga: Angkasa Pura II Serahkan Bantuan Kemanusian untuk Korban Banjir Padang Pariaman dan Pesisir Selatan

Dikatakan, sasaran pertama untuk vaksinasi ini di antaranya para petugas pelayanan publik seperti ASN, THL, TNI, Polri, sampai ke guru dan lainnya," ungkap,

Sasaran vaksinasi berikutnya, urai dia, adalah masyarakat umum, dengan menyediakan titik-titik tempat pelaksanaan vaksinasi di setiap kelurahan. Pemko melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah berkoordinasi dengan Polres dalam hal pengamanan pelaksanaan vaksinasi.

Selain itu, Sonny mengimbau seluruh camat dan lurah, untuk dapat mengajak semua warganya melakukan vaksinasi Covid19.

Sementara itu, Kepala Dinkes Padang Panjang, Nuryanuwar mengungkapkan, realisasi vaksinasi tahap 1 tenaga kesehatan mencapai sebesar 115,60%.

Baca juga: 50 UMKM Padang Pariaman Ikuti Pelatihan Pengolahan Cokelat, Difasilitasi TJSL PT AP II

Sedangkan untuk tahap 2 yang diikuti petugas publik, TNI, Polri, ASN, BUMN dan BUMD mencapai sebesar 70,741%.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: