Program Erman Safar dalam RKPD Bukittinggi di 2022 Berlandaskan ABS -- SBK

Senin, 05 April 2021, 22:55 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Program Erman Safar dalam RKPD Bukittinggi di 2022 Berlandaskan ABS -- SBK
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ketika menyampaikan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bukittinggi 2022, di Balairung Rumah dinas walikota, Senin (5/4/2021). (hamriadi/valoranews)

VALORAnews - Pemerintah Kota (Pemkot) akan memprioritaskan percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural melalui pengembangan potensi lokal, yang disesuaikan dengan visi -- misi Bukittinggi Hebat, berlandaskan Adat Bersandi Sara' dan Sara' Bersandi Kitabullah (ABS -- SBK).

Demikian disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ketika menyampaikan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bukittinggi 2022, di Balairung Rumah dinas walikota, Senin (5/4/2021).

Defenisi dari program ABS -- SBK yakni, Jumat Al Kubra, berupa pengembangan pondok atau rumah Tahfidz, pengembangan ekonomi syariah, penerapan kurikulum SDIT, pengembangan nagari dalam kota, pemberdayaan tokoh agama dan tokoh adat.

Selain itu, Pemkot juga memprioritaskan pengembangan kepariwisataan, seni budaya dan olahraga, peningkatakan tata kelola pemerintahan, pengembangan sosial kemasyarakatan dan pengembangan sektor pertanian.

Baca juga: Panitia dari 40 Masjid Ikuti Sosialisasi Pemotongan Hewan Qurban, Ini Pesan MUI Bukittinggi Terkait Kelebihan Uang

Dalam peningkatan ekonomi kerakyatan, beberapa titik di dalam kota ditata menjadi wisata belanja, yang dijadikan pusat wisata kuliner (street food), yakni Jl Perintis Kemerdekaan, Jl Moh. Safei dan Jl A. Yani.

Tiga titik sebagai wisata kuliner yang berada di dalam pusat kota itu, akan diperuntukan bagi pedangang kuliner. Para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di malam akan diberi nama Minangkabau Night Market.

Untuk pasar-pasar yang sudah ada di Bukittinggi, seperti pasar Lereng, pasar Wisata atau pasar Putih dan pasar Bawah, semuanya akan direvitalisasi. Hal itu dilakukan karena kawasan pasar merupakan tulang punggung ekonomi, sekaligus sebagai destinasi pariwisata.

Di sisi lain, Pemkot mengembangkan taman kota dan ruang terbuka publik dengan memanfaatkan Skate Park Wowo, dan ruang komunitas otomatif terminal Aur Kuning. Taman kota yang akan disulap menjadi ruang terbuka yakni taman DPRD, pedestrian jalan Sudirman, kawasan Jam Gadang dan gate, note serta landmark.

Baca juga: Manfaatkan Teknologi Informasi untuk Sebarkan Konten dan Narasi Positif

Program lain dikembangkan Pemkot, yakni wisata sentra produk lokal seperti sentra pembuatan kerupuk sanjai, dan sentra pembuatan kopi Bukit Apit.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: