Audy Lantik Pengurus Apkesmi Sumbar

Rabu, 24 Maret 2021, 17:37 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Audy Lantik Pengurus Apkesmi Sumbar
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menandatangani berita acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Akselerasi Puskesmas Seluruh Indonesia (Apkesmi) Sumatera Barat, Kamis (25/3/2021) di Padang. (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengatakan, di dalam pembangunan kesehatan, Puskesmas memiliki peranan yang sangat signifikan mengingat beban pemenuhan Standar Minimal Pelayanan Bidang Kesehatan sebagian besar tertumpu di pundak Puskesmas.

"Integritas Puskesmas sangatlah penting untuk menjamin keberhasilan program-program kesehatan yang telah dicanangkan," ungkap Audy saat melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Akselerasi Puskesmas Seluruh Indonesia (Apkesmi) Sumatera Barat, Kamis (25/3/2021).

Menurut Audy, seiring dengan diberlakukannya otonomi daerah, kondisi Puskesmas di setiap daerah sangat variatif, baik dari sisi sarana dan prasarana, sumber daya kesehatannya maupun ketersediaan anggarannya. Meskipun secara makro, program kesehatan masih tetap dalam kendali Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Pemerintah sangat mendukung terbentuknya Apkesmi. Saya berharap, Apkesmi dapat menciptakan wadah akselerasi, mengayomi dan meningkatkan pelayanan bermutu. Selain itu, Apkesmi dituntut berkontribusi menyukseskan program unggulan pemerintah di bidang kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Halal Bihalal bersama IKTD Riau, Wagub Sumbar Paparkan Progres Jalan Tol Pekanbaru-Padang

Sementara, Ketua Apkesmi Sumbar, dr Winanda MARS mengatakan, saat ini banyak pekerjaan rumah yang harus segera dikerjakan oleh seluruh pengurus.

"Sesuai hasil Muswil, target Apkesmi Sumbar adalah mewujudkan Puskesmas di Sumbar minimal berakreditasi Madya, sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, Apkesmi mendapat dukungan dari Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) guna memberikan pelatihan dan pendampingan akreditasi.

Selain itu, menurut Kepala Puskesmas Padang Pasir ini, target lain yang akan dicapai adalah menjadikan 279 Puskesmas di Sumbar jadi Badan Layanan Umum Daerah.

Baca juga: Wagub Sumbar Tinjau Lokasi Pascabencana Pessel dan Padang Pariaman

Khusus untuk mendukung program vaksinasi Covid19, Apkesmi juga akan melakukan langkah-langkah guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan vaksinasi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: