Marfendi Pastikan TPA KD Bukittinggi Segera Berjalan

Selasa, 16 Maret 2021, 19:39 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Marfendi Pastikan TPA KD Bukittinggi Segera Berjalan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Marfendi (Wawako Bukittinggi) serta kepala daerah se-Sumbar, foto bersama usai hadiri sosialisasi tentang Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPA-KD) di Padang, Senin (17/3/2021). (istimewa)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Wali Kota, Marfendi menyatakan, Pemko Bukittinggi akan segera menjalankan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPA-KD). Karena, sejalan dengan visi dan misi pemerintahan Erman Safar-Marfendi.

Hal itu disampaikan Marfendi saat mewakili Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menghadiri acara sosialisasi tentang TPA-KD di Padang, Rabu (17/3/2021).

Kata dia, di Sumatera Barat (Sumbar), sudah ada TPA-KD yakni di Kabupaten Tanahdatar, Payakumbuh, Padang, Padangpanjang dan Bukittinggi.

"Untuk Bukittinggi sendiri, sebenarnya sudah ada sejak 2019. Bahkan SK-nya di 2019, 2020 dan 2021. Hanya saja belum dikukuhkan meski sudah tiga SK-nya turun," katanya.

Baca juga: 6 Kader Loncat Pagar di Pilkada Serentak 2024 se-Sumatera Barat, Ini Kata Direktur Riset FAST Consultant

Disampaikan, TPA-KD bertujuan untuk mempercepat atau mempermudah akses keuangan, khususnya kalangan menengah ke bawah.

"Jadi orientasi TPA-KD, adalah untuk membuat masyarakat kecil yang membutuhkan jasa keuangan, bisa mudah sampai ke tangan mereka," paparnya.

"Selama ini yang mereka lakukan itu dengan renternir. Sebenarnya, potensi mereka sudah bisa, buktinya mereka yang meminjam ke renternir tersebut masih tetap berjalan, artinya mereka tetap hidup," ucapnya.

Marfendi berharap, TPA-KD segera dikukuhkan, sehingga bisa bekerja dengan cepat. Tentunya, dengan membuat mekanisme, evaluasi dan laporan.

Baca juga: Wawako Bukittinggi Pimpin Upacara Penurunan Bendera HUT RI ke-79

Dengan demikian, ungkap Marfendi, bisa segera membuat program-program, serta langkah-langkah untuk berjalannya TPA-KD, khusunya di Bukittinggi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: