300 Pocil Dijadikan Duta Tertib Berlalu Lintas

Kamis, 10 September 2015, 15:01 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
300 Pocil Dijadikan Duta Tertib Berlalu Lintas
Polisi Cilik binaan Polres Pessel, saat ikut peresmian Tugu Polwan di Kota Bukittinggi saat peringatan Hari Polwan, 1 September 2015 lalu. Peringatan ini juga dihadiri Kapolri beserta ibu. (lelek/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Jajaran Satlantas Polres Pesisir Selatan, terus melakukan terobosan kreatif. Berbagai upaya pun telah dilakukan, demi menumbuhkan kedisiplinan dalam berlalu lintas, entah itu melalui penyuluhan, pembinaan dan penegakan hukum.

Pembinaan sejak usia dini, diyakini akan melahirkan kedisiplinan di masa depan. Oleh karenanya, pembinaan ini pun dikemas dalam berbagai program, salah satu yang terkini adalah pembentukan Polisi Cilik (Pocil). Serta pembinaan bagi komunitas klub motor, komunitas ojek dan PKS (patroli keamanan sekolah).

Menindaklanjuti program Polisi Cilik ini, Sat Lantas Polres Pesisir Selatan hingga kini telah mencetak Polisi Cilik di Kota Painan. Kurang lebih 300 orang siswa TK, SD dan SMP jadi binaan.

Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Deni Yuhasdi melalui Kasat Lantas AKP Yogi Febriansyah mengatakan, pembinaan ini dilakukan untuk membentuk karakter sejak usia dini. Selama pembinaan, Polisi Cilik ini tidak hanya diberikan pengetahuan baris berbaris, namun pengetahuan umum dan pembetukan ketaqwaan juga masuk dalam materi pembinaan.

Baca juga: PILKADA 2024, BAWASLU: Masyarakat jangan Takut Melaporkan Kecurangan

"Dalam Peraturan baris berbaris, banyak mengandung nilai seperti kedisiplinan, kesetiaan dan kekompakan, sehingga nantinya polisi cilik ini menjadi generasi muda yang tangguh. Namun tidak hanya PBB, pembinaan untuk pengetahuan umum dan ketakwaan juga diberikan disini," jelas AKP Yogi.

Dijelaskan AKP Yogi , dari pembinaan yang telah dilakukan, Pocil ini diarahkan untuk menjadi duta tertib lalu lintas di kabupaten Pesisir Selatan serta menjadi contoh pelopor keselamatan berlalu lintas.

"Pocil sebagai duta tertib berlalu lintas, diharapkan bisa menginspirasi para anak-anak dan generasi muda untuk menjadi generasi yang disiplin akan lalu lintas, dan disiplin dalam menjalani kehidupan," terangnya.

Selama masa pembinaan, apresiasi dan dukungan mengalir dari masyarakat. Seperti yang terlihat saat penampilan Pocil di depan Kapolri dan Ibu Kapolri dan seluruh Kapolres se-Sumatera Barat di Bukittinggi, saat peresmian Tugu Polwan.

Baca juga: PILKADA 2024: DPC PPP Pessel Gelar Konsolidasi untuk Menangkan Pasangan Hendrajoni-Risnaldi

Selain melakukan pembinaan seperti ini, pihaknya juga gencar melaksanakan sosialisasi kesekolah tentang tertib berlalu lintas, turun jalan raya bagikan stiker dan selebaran. Dan sosialisasi Narkoba dikalangan pelajar.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: