Padang Luncurkan Kapal Pengumpul Sampah di Batang Harau: Hydrologist Asal Jerman akan Berikan Asistensi untuk Kebersihan Sungai di Padang

Rabu, 10 Februari 2021, 21:53 WIB | News | Kota Padang
Padang Luncurkan Kapal Pengumpul Sampah di Batang Harau: Hydrologist Asal Jerman akan...
Wawako Padang, Hendri Septa didampingi Teddy Antonius (Camat Padang Selatan) menaiki kapal pengumpul sampah di Batang Harau, Rabu (10/2/2021). Kapal ini merupakan dukungan dari program CSR Bank Nagari. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemko Padang, didukung OPD terkait serta pihak pemerintah kecamatan di Padang Selatan, meluncurkan kapal pengumpul sampah di Batang Harau, Rabu (10/2/2021). Kapal ini merupakan dukungan dari program CSR Bank Nagari.

Upaya ini, merupakan kiat Pemko Padang memperhatikan peningkatan kelestarian sungai-sungai yang ada di Kota Padang. Setidaknya terdapat 5 sungai besar yang ada di kota yang berpenduduk hampir 1 juta jiwa itu.

"Kapal tersebut, alhamdulillah telah kita terima hari ini dan langsung kita ujicobakan. Semoga saja berguna untuk mendukung upaya kita agar selalu dan selalu menjaga kebersihan dan keindahan sungai-sungai di Kota Padang. Salah satunya Batang Arau ini," ungkap Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa di sela kegiatan yang dipusatkan di Bundaran Pabayan RW 4 Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Rabu pagi (10/2/2021).

Hadir langsung dikesempatan itu, Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto, para pimpinan OPD terkait, Camat Padang Selatan, Teddy Antonius serta pihak Bank Nagari Sumbar dan unsur terkait lainnya.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Hendri pun memberikan apresiasi dimana dalam kegiatan tersebut Pemko Padang juga didukung oleh beberapa pihak. Di antaranya seperti Lantamal II Padang, Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Padang, serta elemen terkait, beberapa organisasi kemasyarakatan (ormas) dan tokoh masyarakat setempat.

"Alhamdulillah, kita juga mendapat respon yang baik dari masyarakat khususnya di sekitaran pinggiran Batang Arau ini. Karena memang, sungai adalah sumber kehidupan bagi manusia. Maka itu, kita tidak boleh mencemari sungai seperti membuang sampah ke sana. Sebab, kalau sungai kotor, penuh dengan sampah dan limbah tentu tidak baik bagi kesehatan kita juga," ujarnya.

Selain meluncurkan kapal pengumpul sampah, juga dilakukan aksi pemasangan stiker yang bertuliskan 'kami warga peduli sungai' atau larangan membuang sampah ke sungai.

"Stiker tersebut telah kita pasang ke rumah-rumah warga di sini. Hal ini merupakan upaya kita untuk mengedukasi dan mengajak semua masyarakat sekaligus memberikan contoh kepada generasi muda agar senantiasa menjaga lingkungan termasuk sungai dimana saja berada," teranngya.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Kota Padang kita mengucapkan terima kasih banyak dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini," ungkap Hendri.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: