Mahyeldi Bicara Kartu Tani untuk Peningkatan Kesejahteraan Bersama Petani Sijunjung

Jumat, 20 November 2020, 15:12 WIB | Wisata | Kab. Sijunjung
Mahyeldi Bicara Kartu Tani untuk Peningkatan Kesejahteraan Bersama Petani Sijunjung
Cagub Sumbar, Mahyeldi bersama pedagang bunga, kemarin. (istimewa)

Pupuk bersubsidi tidak boleh didistribusikan secara serampangan. Tujuannya, agar tepat sasaran. Pendistribusiannya diatur sedemikian rupa dengan memanfaatkan teknologi informasi. Program itu dinamakan sistem e-RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompoktani).

Untuk lebih tertibnya pendistribusian, pemerintahan Mahyeldi memberlakukan Kartu Tani. Setiap petani yang berhak memegang Kartu Tani.

Penyuluh pertanian merupakan salah satu elemen penting dalam ekosistem pertanian. Maju atau tidaknya sektor pertanian, salah satunya, tergantung kepada upaya maksimal penyuluh pertanian. Mahyeldi sadar benar tentang itu. Tahun 2015, para penyuluh pertanian diberikan kendaraan roda 2.

Di bidang peternakan, Mahyeldi membuat dan menjalankan program pemberian insentif bagi peternak yang sapi betinanya melahirkan. Jumlahnya Rp500 ribu per ekor. Mahyeldi juga punya program pengembangan budidaya sapi Brahman, sekarang sudah berjumlah 72 ekor dari sebelumnya 50 ekor.

Atas usaha-usaha serius pemerintahan Mahyeldi di sektor pertanian, beberapa penghargaan diraihnya. Penghargaan sebagai Kota Berbasis Agro Ekonomi diraihnya dari Gubernur Sumbar (2015) adalah satu diantaranya.

Membangun pertanian yang serius hendak ditularkannya ke level lebih luas. Level provinsi. Sebagaimana diketahui, struktur ekonomi Sumbar, paling besar masih didominasi oleh sektor pertanian, kehutanan dan perikanan (22,67%). Disusul oleh sektor perdagangan besar, eceran dan reparasi mobil sepeda motor (15,27%) dan sektor transportasi dan pergudangan sebesar 12,59% (BPS, 2019).

Mahyeldi tidak mau main-main dengan fakta dominasi sektor pertanian tersebut. Bersama Audy Joinaldy, beliau menyeriusi betul sektor pertanian sebagai tulang punggung perekonomian daerah. Mereka berdua telah menetapkan pertanian sebagai fokus pembangunan di samping usaha menengah kecil mikro dan ekonomi kreatif jika kelak dipercaya memimpin Sumbar.

Atas kenyataan inilah, kesuksesan Mahyeldi membangun Padang mendapat perhatian dari banyak pihak. Tak hanya di Padang, namun juga kabupaten/ kota lain, serta provinsi lain. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: