Taslim-Syafrizal Simbolisasikan Kekuatan Tradisi dan Modernitas Saat Mendaftar ke KPU Agam

Sabtu, 05 September 2020, 19:06 WIB | Wisata | Kab. Agam
Taslim-Syafrizal Simbolisasikan Kekuatan Tradisi dan Modernitas Saat Mendaftar ke KPU Agam
Taslim didampingi Syafrizal, menyampaikan orasi politiknya saat mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati Agam di kantor KPU Agam di Lubukbasung, Sabtu (5/9/2020). (istimewa)

VALORAnews - Mengenakan pakaian khas ninik mamak Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, baju warna sirah dilengkapi deta sagitigo, Taslim Dt Tambogo mendaftar sebagai calon bupati Agam pada pemilihan serentak 2020, Sabtu (5/9/2020).

Sedangkan calon wakilnya, Syafrizal Dt Majolelo mengenakan jas warna gelap. Keduanya juga mengenakan perangkat protokol kesehatan. Simbolisasi terhadap keteguhan dalam mempertahankan nilai-nilai adat dan budaya serta modernitas.

Dalam orasinya usai penyerahan berkas pengusulan, Taslim, anggota DPR RI periode 2009-2014 ini sempat menyinggung tentang perjuangan masyarakat Agam dalam merebut kemerdekaan.

"Di Agam ini mengalir darah pejuang. Seperti Perang Manggopoh dan Perang Kamang, Juga ada perang-perang kecil lainnya yang tak kalah heroik," ujar Taslim yang juga aktivis Muhammadiyah di masa mudanya itu.

Taslim merupakan ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar periode 2003-2008 saat masih menjabat anggota DPRD Sumbar periode 2005-2009.

Selain itu, Taslim juga menyampaikan tekadnya untuk menggapai Agam Madani, Sehat dan Sejahtera.

"Pemerintah sebelumnya terus berupaya menciptakan Agam Madani. Kita ingin lebih lagi, yakni Madani, Sehat dan Sejahtera," ujarnya disambut tepuk tangan meriah ratusan masyarakat Agam yang hadir saat pendaftaran tersebut.

Rombongan pendaftaran yang berlangsung, Sabtu, 5 September 2020 pukul 15.00 sedikit tertunda. Lantaran pasangan Hariyadi - Novi Endri yang mendaftar sebelumnya, molor dari jadwal.

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Agam yang diusulkan Partai Gerindra itu, diantar ratusan pendukungnya, yang terdiri alim ulama, ninik mamak, bundo kanduang dan tokoh masyarakat. Kesatangannya diiringi musik tradisional Minangkabau, tambua tasa.

Jalanan di depan kantor KPU di Lubukbasung itu, seakan tidak mampu menampung kehadiran pengantar Patas (Patriot Taslim - Syafrizal) ini.

Sambil menunggu selesainya pasangan sebelumnya, pasangan Taslim - Syafrizal bersama DPC Gerindra Kabupaten Agam berinisiatif melakukan orasi politik.

Sementara, Ketua DPC Partai Gerindra Agam, Novi Irwan menegaskan, Taslim sangat layak memimpin Agam. Dia merupakan tokoh nasional yang siap memajukan Agam. Apalagi, ujarnya, Taslim merupakan titipan dua tokoh nasional yang sangat berpengaruh.

"Pasangan Taslim - Syafrizal merupakan titipan Pak Amien Rais dan Pak Prabowo Subianto untuk masyarakat Agam," ujarnya. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: