Kelurahan Rawang Bakal Jadi Kampung Bangga Kencana

Kamis, 27 Agustus 2020, 21:43 WIB | News | Kota Padang
Kelurahan Rawang Bakal Jadi Kampung Bangga Kencana
Lurah Rawang, Andi Amir, berdiskusi dengan pemilik PAUD Padang Selatan serta Rahma Amran dan Ketua Himpaudi Padang Selatan. Vivi Elfia Jufri, di Pusat Data Bangga Kencana Rawang, Kamis (27/8/2020). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, terus berupaya memaksimalkan semua potensi guna meningkatkan kualitas masyarakat baik secara ekonomi, kesehatan maupun pendidikan.

Upaya tersebut dilakukan dengan akan dibentuknya Kampung Bangga Kencana di wilayah yang mengalami perlambatan pembangunan.

Lurah Rawang, Andi Amir menjelaskan, Kampung Bangga Kencana merupakan pengembangan dari program Kampung KB yang sudah berjalan selama ini.

Program Kampung Bangga Kencana, jelas dia, merupakan sebuah kegiatan di dalam sebuah lingkungan untuk menjaga kestabilan rumah tangga ataupun keluarga, baik dari sisi ekonomi, kesehatan, pendidikan, akhlak, dan sebagainya.

Baca juga: Lintas Sektor Mesti Dukung Pembangunan Kampung KB

Program ini harus berintegrasi dengan program yang ada diantaranya Puskesmas dan PAUD dan lintas sektoral lainnya.

Melalui Puskesmas Rawang, akan didirikan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) Penyakit Tidak Menular (PTM) yang memantau dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi, serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

"Keberadaan Posbindu PTM nantinya, dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM," paparnya saat tatap muka dan diskusi dengan pemilik PAUD Padang Selatan serta Rahma Amran dan Ketua Himpaudi Padang Selatan. Vivi Elfia Jufri di Pusat Data Bangga Kencana Rawang, Kamis (27/8/2020).

Karena di wilayah ini cukup banyak anak-anak yang usia dini, dibutuhkan juga kerjasama dengan Pemilik PAUD dan Himpaudi tentang Pola Asuh Anak dalam wadah PAUD.Disini juga telah disediakan Pojok Baca serta Tempat Bermain.

Baca juga: Lurah Rawang Modifikasi Tong Sampah jadi Fasilitas Cuci Tangan

Penilik PAUD Padang Selatan akan mendukung Program Bangga Kencana melalui Lembaga PAUD, karena keberadaannya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai wadah para generasi penerus dan ini sejalan dengan Kampung Bangga Kencana.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: