Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Melambat Sepanjang 2020, Begini Prakiraan BI

Senin, 29 Juni 2020, 19:45 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Melambat Sepanjang 2020, Begini Prakiraan BI
Kepala BI Sumbar, Wahyu Purnama A.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Perekonomian Sumatera Barat pada triwulan III 2020 diprakirakan meningkat dari triwulan II 2020. Pertumbuhan konsumsi rumah tangga masih akan menopang perekonomian. Peningkatan konsumsi rumah tangga sejalan dengan normalisasi permintaan pasca berkurangnya kebijakan physical distancing serta beradaptasinya perilaku ekonomi masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi yang memanfaatkan teknologi informasi (digital).

Kondisi investasi diprakirakan meningkat seiring dengan berjalannya proyek Jalan Tol Padang-Sicincin serta normalisasi pemenuhan target eksekusi untuk proyek lainnya. Net ekspor diprakirakan meningkat sejalan dengan normalisasi perdagangan yang dipengaruhi oleh pembukaan kembali pelabuhan utama atau jalur distribusi lainnya diprakirakan akan mendorong kinerja ekspor.

Dari sisi lapangan usaha, LU perdagangan diprakirakan tumbuh positif dan menjadi faktor pendorong utama. Perbaikan daya beli masyarakat dan adaptasi pelaku usaha perdagangan dalam menyikapi new normal akan mendorong kinerja LU perdagangan.

Secara keseluruhan, perekonomian Sumatera Barat akan melambat sepanjang 2020 ini. Secara umum, pertumbuhan ekonomi 2020 melambat sejalan dengan penurunan permintaan akibat pandemi Covid19. Perlambatan sisi permintaan terutama pada konsumsi rumah tangga dan investasi, serta kontraksi net ekspor.

Sementara itu, inflasi tahun 2020 diprakirakan sedikit meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kenaikan tarif cukai rokok pada awal tahun 2020 berpotensi mendorong kenaikan harga rokok secara gradual sepanjang tahun.

Dari faktor alam, perubahan iklim berdampak pada terjadinya cuaca yang ekstrem dan pergesaran pola tanam akan menimbulkan sedikit tekanan inflasi khususnya pada kelompok makanan, minuman dan tembakau, namun tingkat inflasi tahun 2020 diprakirakan masih akan berada dalam rentang target inflasi nasional yakni 31% (yoy). (vry)

Halaman:
1 2 3
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: