Solsel Gelar Apel Siaga Pasukan Penanggulangan Bencana

Rabu, 29 Januari 2020, 16:34 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel Gelar Apel Siaga Pasukan Penanggulangan Bencana
Kapolres bersama Forkopimda melakukan pengecekan pasukan sebelum dilakukan apel gelar pasukan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muara Labuh, Rabu (29/1/2020). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menggelar apel siaga penanggulangan bencana dalam rangka menghadapi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muara Labuh, Rabu (29/1/2020).

Bertindak sebagai inspektur apel Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto dan diikuti personel TNI, Polri, BPBD, Pol PP, Dishub, Tenaga Kesehatan, Pemadam Kebakaran, PDAM, Kalangan Dunia Usaha/Perusahaan, PLN, serta relawan bencana.

Kapolres Imam dalam amanatnya membacakan pidato Bupati Solsel menyebutkan, latihan kesiapsiagaan mandiri dalam meningkatkan penyadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh komponen bangsa dalam menghadapi potensi bencana perlu dilakukan.

Hal itu, katanya, berdasarkan hasil survey di Jepang pada kejadian gempa tahun 1995, menunjukkan bahwa prosentase korban selamat dalam durasi "golden time" justru dari kesiapsiagaan diri mandiri (35%), jelas bahwa penguasaan dan pengetahuan yang dimiliki oleh diri sendiri untuk menyelamatkan dirinya dari potensi bencana sangat penting.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

"Di sinilah pentingnya kita lakukan latihan kesiapsiagaan," ungkapnya.

Selain itu katanya, Kepala BNPB menegaskan bahwa gambaran tren bencana kedepan juga akan cenderung meningkat karena pengaruh beberapa faktor, seperti meningkatnya jumlah penduduk, urbanisasi, degradasi lingkungan, kemiskinan dan pengaruh iklim global.

"Kita di Solok Selatan sudah merasakan dampaknya sejak akhir November lalu," imbuhnya.

Ia menambahkan, disisi lain yang tidak kalah pentingnya, bagaimana warga masyarakat mengenal ancaman dan risiko di sekitar tempat tinggalnya.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

Sekretaris Daerah Solsel, H Yulian Efi didampingi Kalaksa Richi Amran menambahkan, latihan kesiapsiagaan bencana ini bertujuan untuk mempersiapkan personil apabila suatu saat terjadi bencana, mengingat sering terjadi bencana alam di Solok Selatan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: