Maksimalkan UP2K untuk Menunjang Ekonomi Keluarga

Selasa, 10 Maret 2020, 19:31 WIB | News | Kota Padang
Maksimalkan UP2K untuk Menunjang Ekonomi Keluarga
TP PKK Kelurahan Flamboyan Baru, foto bersama dengan Ketua TP PKK Kecamatan Padang Barat, Ny Eri Sendjaya dan Tim Penilai dari TP PKK Provinsi, Selasa (10/3/2020). (veby rikiyanto/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - PKK harus mampu ikut berperan dalam menunjang kesejahteraan masyarakat, khususnya kesejahteraan anggota.Melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), yang merupakan program unggulan Pokja II, diharapkan mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat, Nensi Barma Edi, saat menerima tim penilai UP2K Provinsi Sumatera Barat dalam rangka penilaian gerakan PKK tingkat provinsi, Selasa (10/3/2020).

"Melalui UP2K kita harus mampu memaksimalkan potensi kaum ibu dalam menghasilkan aneka produk yang memiliki nilai ekonomis sehingga menambah penghasilan keluarga," ujar Nensi.

Saat ini, Kelurahan Flamboyan Baru memiliki 5 kelompok UP2K yang bergerak di berbagai bidang.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Salah satu yang menjadi andalan adalah aneka kuliner berbahan bengkuang, mulai dari pie hingga jus bengkuang yang menjadi ciri khas Kelurahan Flamboyan Baru.

"Bengkuang merupakan maskot Kota Padang. Jadi kita berupaya memaksimalkan potensi asli daerah. Selain itu bengkuang sudah lama diketahui memiliki banyak manfaat terutama bagi kecantikan kulit," tambah Nensi.

Lurah Flamboyan Baru, Barma Edi mengatakan, pihak kelurahan mendukung upaya pengembangan ekonomi kreatif yang dilakukan PKK.

"Kita memberikan bantuan modal usaha berupa peralatan serta memberi pelatihan dengan bekerjasama dengan dinas terkait. Selain itu kita juga membantu memasarkan produk yang dihasilkan dengan melibatkan UMKM," ujar Barma.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

Ia juga akan menjalin kerjasama dengan pengusaha hotel, restoran dan biro perjalanan untuk dapat membantu memasarkan produk-produk yang dihasilkan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: