Museum Alat Musik akan Dibangun di Eks Kantor Balai Kota Lama

Sabtu, 07 Maret 2020, 15:17 WIB | News | Kota Padang
Museum Alat Musik akan Dibangun di Eks Kantor Balai Kota Lama
Pengelola museum alat-alat musik Indonesia dan dunia, Yukon Putra bersama Mahyeldi (Wako Padang) melihat alat musik tradisional yang dipajang di kediaman wali kota, Sabtu (7/3/2020). (humas)

VALORAnews - Pengelola museum alat-alat musik Indonesia dan dunia, Yukon Putra melontarkan keinginannya untuk mendirikan gedung museum di Kota Padang. Pemko Padang dimintanya untuk menyediakan lahan, sedangkan pembiayaan pembangunan akan dibantu sepenuhnya.

"Bentuk bangunannya akan dirancang dengan unik sesuai peruntukannya," ungkap Yukon Putra saat berdialog dengan Wali Kota Padang, Mahyeldi di kediamannya, Sabtu (7/3/2020).

Yukon Putra ditemanni Prof Elfindri (akademisi Unand), Dian Wijaya dan Muslim B dari Advokasi Hukum & Ham Sosial Iluni UNP. Sedangkan Mahyeldi tampak didampingi Asisten I, Hermen Peri, Kepala Bappeda, Medi Iswandi, Kadis Pariwisa, Arfian, Kadis Pendidikan, Kepala PUPR dan Kadis Kominfo Rudy Rinaldy.

Dijelaskan Yukun, museum kuliner akan berbentuk tempat kuliner. Dalam museum itu, nantinya akan disimpan alat alat musik yang sudah berusia lama sekali, termasuk peralatan tradisional serta juga akan memajang buku-buku yang ditulis Buya Hamka. "Ini adalah upaya melestarikan budaya," ucap Yukon Putra yang juga Sekjen Iluni UNP Padang.

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

Sehubungan dengan wacana itu, Mahyeldi menyetujuinya dan langsung meminta Medi Iswandi, Kadis PUPR untuk membuatkan perencanaannya. "Kita tempatkan pembangunan museum di sekitar Balai Kota Lama, sebab bangunan Balai Kota lama itu termasuk icon Kota Padang," ucap Mahyeldi.

Sekaligus, Mahyeldi meminta kepada Kepala Bappeda untuk membuatkan surat, bahwa telah menyetujui penyediaan lahan pembangunan museum. (rls/vry)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: