Baliho Hendrajoni dan Faldo Maldini Dominasi Ruang Publik Pessel

Jumat, 31 Januari 2020, 21:33 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Baliho Hendrajoni dan Faldo Maldini Dominasi Ruang Publik Pessel
Ilustrasi.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Baliho bergambar Hendrajoni dan Faldo Maldini, mendominasi sudut-sudut ruang publik di Kabupaten Pesisir Selatan. Hendrajoni merupakan petahana Bupati Pesisir Selatan. Sedangkan Faldo Maldini, merupakan politisi muda yang sempat jadi juru bicara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pemilu Presiden 2019 lalu.

Dari sejumlah ota lapau yang dirangkum, pemilihan kepala daerah di Pesisir Selatan ini bakal mengerucut pada dua pasangan calon saja. Paling banyak, bakal diikuti tiga pasangan calon. Saat ini, nama lainnya yang mengapung di masyarakat di antaranya Rusmayul Anwar, Dedi Rahmanto Putra, Ali Tanjung, Burhanuddin, Doni AHY dan nama lainya.

"Ya, bisa saja lebih dari tiga pasang. Namun, peluang yang ada saya libat, dua pasang saja," kata Ferdi seorang warga Painan, saat dimintai tanggapannya.

Menurut dia, dua atau tiga pasangan, tidak jadi masalah. Yang jelas, siapa terpilih jadi bupati dan wakil bupati, nantinya bisa melaksanakan pembangunan merata. Apalagi, Kabupaten Pessel lokasinya memanjang dengan 15 kecamatan dan 182 nagari.

Baca juga: PILKADA 2024: Bagi Paslon HJ-RI, Nomor Urut 2 Bermakna Kembali Mengabdi untuk Pessel

ASN Mesti Jaga Netralitas

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pesisir Selatan, Erman Wardison mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), mesti memposisikan diri netral dan tidak ada kepentingan politik. Namun tetap memiliki hak pilih.

"Selebihnya, ucapan atau tindakan harus netral dari kepentingan politik praktis. Pilihan politik boleh beda, tapi sebagai ASN diharus menjaga netralitas," tegas Erman.

Menurut dia, mengantisipasi hal itu, Bawaslu telah masuk ke instansi-instansi pemerintah guna menginformasikan ASN dilarang kampanye. Juga instensif menyosialisasikan regulasi tentang larangan ASN untuk terlibat dalam politik praktis. (pl1)

Baca juga: PILKADA 2024: DPC PPP Pessel Gelar Konsolidasi untuk Menangkan Pasangan Hendrajoni-Risnaldi

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: