DLH Pasaman Barat Dukung Anwar Raih Kalpataru

Jumat, 24 Januari 2020, 14:03 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
DLH Pasaman Barat Dukung Anwar Raih Kalpataru
Anwar bersama Kepala DLH Pasbar, Adrinaldi di tengah hutan buatan yang telah dirintisnya, Rabu (22/1/2020). Anwar merupakan nominator peraih Kalpataru tingkat nasional dari Pasbar. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pasbar, lakukan pembinaan pada Anwar, nominator penerima Kalpataru tingkat nasional yang merupakan warga Jorong Situak Ujunggading, Kecamatan Lembah Melintang, Pasaman Barat, Rabu (22/1/2020). Dia nominator kategori penyelamat lingkungan.

Kepala DLH Pasbar, Andrinaldi dikesempatan pembinaan itu, menyerahkan bantuan bibit berupa tanaman kayu Mahoni 30 batang, Bayur 15, Duku 5 batang, Jambu Jamaika 5, Jambu Biji Merah 5, Petai 6, Pokat 6 dan bibit Jengkol 4 untuk ditanam sekitar areal hutan seluas 5 hektar tersebut.

Pada kesempatan itu, tim meninjau 6 lokasi sumber mata air, dari sekian banyak yang ada di areal hutan alam dan hutan buatan milik Anwar. "Semua mata air di sini selalu mengeluarkan air meskipun musim kemarau yang menyatu k ehilir membentuk Batang Bayang yang merupakan sungai terbesar kedua setelah Batang Sikerbau di Ujung Gading ini," ungkap Andrinaldi.

Andrinaldi menuturkan, kecintaan seorang Anwar pada pepohonan, sudah dibuktikan dengan tetap mempertahankannya. Di antara pepohonan itulah ditanami Kopi, Cabai Rawit dan Pinang untuk sumber penghasilan belanja dapur.

Baca juga: Sblf Myriset Gelar Survei Persepsi Jelang Pilkada Pessel 2024, Elektabilitas Hendrajoni Jauh Tinggalkan Rusma Yul Anwar

"Dengan hidup sederhana, nampak pada beliau dengan tidak ikut tanam sawit yang banyak menguras air tanah," ungkap Adrinaldi pada wartawan, Jumat (24/1/2020).

Dengan penghasilan 300 ribu tiap minggu dari hasil kopi, cabai dan pinang, sudah cukup untuk menghidupi keluarganya. Kesederhanaan beliau terlihat tidak miliki motor, handphone, baju bagus, rokok pabrikan bahkan ke kebun pun tanpa alas kaki. "Baginya mendengar kicauan burung dan sahutan rimbo adalah kenikmatan tersendiri," ungkapnya.

Pada 2020 ini, terangnya, Dinas Lingkungan Hidup Pasbar mendukung penuh kepedulian Anwar dengan lingkungan. diaa dipromosikan ke level nasional sebagai nominator peraih Kalpataru. "Semoga Pak Anwar sukses membawa harum nama Kabupaten Pasaman Barat," harap Adrinaldi. (dif)

Baca juga: Penemu Ikan Mati jadi Pakan Lele Asal Lubuk Basung jadi Nominator Kalpataru 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024