Stok Blangko e-KTP Banyak, Tintanya Habis

Selasa, 25 Agustus 2015, 19:45 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Stok Blangko e-KTP Banyak, Tintanya Habis
Ilustrasi e-KTP.

VALORAnews - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pesisir Selatan, masih memiliki stok blangko e-KTP sebanyak 6 ribu keping. Namun, pencetakan tidak bisa dilakukan karena tinta pencetakannya telah habis sejak Juni 2015.

"Disdukcapil tetap melayani perekaman e-KTP walaupun stok tinta habis," ungkap Seksi Teknologi, Informasi dan Data Kependudukan Disdukcapil Pesisir Selatan, Antoni, Selasa (26/8/2015).

Dikatakan, sebagai pengganti e-KTP sesuai Pasal 59 Ayat (2) huruf (m) UU No 23 Tahun 2006 dan Surat Menteri Dalam Negeri No:471/13/5184/Sj tanggal 13 Desember 2012, maka setiap penduduk yang telah melaksanakan perekaman diserahkan Surat Keterangan Pengganti Tanda Identitas, yang berfungsi sebagai pengganti e-KTP sampai dengan yang bersangkutan menerima KTP Elektronik.

"Surat keterangan pengganti e-KTP ini bersifat nasional dan berlaku selama tiga bulan dan bisa diperpanjang," ucap Antoni.

Baca juga: JEMBATAN WISATA PANTAI CAROCOK, Damel: Proses Lelang Sudah Sesuai Aturan

Surat keterangan pengganti ini, juga bagi warga yang e-KTP-nya rusak, hilang dan perubahan data. "Pada Perubahaan APBD 2015, penggadaan tinta cetak tersedia Rp135,8 juta. Ditargetkan, Oktober besok, tinta sudah ada. Sekarang tnggal tunggu pengesahan saja," katanya.

Pantuan di kantor Disdukcapil Pessel, warga yang ingin melakukan perekaman dan pengurusan e-KTP masih cukup tinggi, kendati belum bisa melakukan pencetakannya. (lek)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: