Liputan Khusus: DPRD Bentuk Tiga Pansus Kupas Tiga Ranperda dari Pemko Padang

Senin, 11 November 2019, 15:26 WIB | News | Kota Padang
Liputan Khusus: DPRD Bentuk Tiga Pansus Kupas Tiga Ranperda dari Pemko Padang
Wawako Padang, Hendri Septa menyerahkan nota penjelasan tiga Ranperda yang diajukan pemerintah pada Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, dalam paripurna yang digelar Senin (11/11/2019). (humas)

VALORAnews - Pemko Padang menyampaikan nota penjelasan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dalam Rapat Paripurna DPRD Padang, Senin (11/11/2019). Nota penjelasan tiga Ranperda itu disampaikan Wawako Padang, Hendri Septa.

"Tiga Ranperda yang disampaikan Pemko Padang di masa sidang III tahun 2019 ini, langsung kita tindaklanjuti dengan pembentukan panitia khusus (Pansus). Masing-masing Pansus, akan dikoordinatori wakil ketua DPRD," ungkap Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, yang memimpin sidang paripurna itu.

Menurut Syafrial, DPRD mendukung perubahan tiga Ranperda yang materinya merupakan perubahan atas sejumlah pasal dari Perda yang telah ada sebelumnya. "Semoga Pansus bisa bekerja maksimal dalam menimbang-nimbang perubahan yang diajukan Pemko itu," harapnya.

Ketiga Ranperda yang diajukan itu yakni Ranperda tentang Perubahan Perda No 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Pelayanan Ketenagakerjaan dan Perubahan Atas Perda No 2 Tahun 2011 tentang Pajak Air Tanah.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Menurut Hendri Septa, Ranperda Pajak Air Tanah ini diubah, karena Pemko Padang memandang masih ada potensi pendapatan yang bisa diperoleh pemerintah daerah. "Semoga, target pendapatan asli daerah kita bisa kita tingkatkan," ujar Hendri dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Padang Syafrial Kani itu.

Ranperda Pajak Air Tanah ini, sudah masuk Propemperda 2019. Dia diubah karena sangat strategis dalam upaya pemungutan pajak air tanah yang merupakan salah satu dari 11 jenis pajak daerah yang boleh dipungut pemerintah daerah sesuai UU No 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Sementara, Ranperda Pelayanan Ketenagakerjaan ini diubah dengan latar belakang upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Padang.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

"Hal ini juga bermakna bahwa Pemko Padang bertanggungjawab dalam memberikan pelayanan dalam hal ketenagakerjaan untuk mencapai kehidupan yang layak bagi warga kota," urai Hendri.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: