Sukses Kelola Tiga Aspek, Kota Padang Raih Tropi Bergilir Masjid Paripurna

Senin, 24 Agustus 2015, 10:18 WIB | News | Kota Padang
Sukses Kelola Tiga Aspek, Kota Padang Raih Tropi Bergilir Masjid Paripurna
Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla menyerahkan secara simbolis uang pembinaan sebesar Rp10 juta pada Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo, Minggu (23/8/2015). Penilaian ini dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kanwil Kemenag Sumbar dan Dewan Me
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla menyerahkan Tropi Bergilir Masjid Paripurna pada Pemko Padang. Penghargaan ini diserahkan Wapres selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia saat kunjungannya ke Padang, dalam rangka peringatan 100 Tahun Adabiah dan Peresmian Pabrik Indarung VI.

Penghargaan tersebut diterima Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo di Mesjid Raya Sumatera Barat, Minggu (23/8/2015). Selain tropi, juga ditambahkan dana pembinaan sebesar Rp10 juta. Penilaian ini dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kanwil Kemenag Sumbar dan Dewan Mesjid Indonesia Sumbar yang dilaksanakan pada Maret 2015 lalu.

"Penilaian ini mencakup tiga aspek. Imarak Masjid, administrasi dan lingkungan. Alhamdulillah, kita dinilai memenuhi kriteria untuk ketiga aspek tersebut, sehingga meraih Juara I Lomba Masjid Paripurna tingkat Sumbar dan berhak mendapatkan Tropi Bergilir dari Dewan Masjid Indonesia," ungkap Mahyeldi.

Dikatakan, upaya Pemerintah Kota Padang untuk meramaikan masjid melalui program-program Pesantren Ramadhan, Semarak Subuh, Wirid Remaja, Didikan Subuh dan sebagainya, telah direspon dengan baik oleh masyarakat.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

Begitu juga untuk aspek administrasi, selalu dilakukan pembinaan administrasi berupa surat menyurat dan keuangan mesjid yang jelas dan transparan. Sedangkan untuk aspek lingkungan, upaya yang dilakukan menumbuhkan kepedulian warga melalui gotong-royong membersihkan masjid, menanam penghijauan.

"Upaya kita meramaikan masjid tidak sekadar untuk kegiatan ibadah rutin saja, tetapi juga melakukan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi pembinaan akhlak generasi muda, sosial, ekonomi dan lain-lain. Melaksanakan gotong-royong untuk kebersihan lingkungan masjid serta memberdayakan ekonomi masyarakat melalui koperasi masjid," imbuh Mahyeldi, dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Mahyeldi mengharapkan, penghargaan ini akan jadi motivasi bagi masyarakat Kota Padang untuk meningkatkan partisipasi guna mewujudkan masyarakat yang religius. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: