Gebyar Kampung KB Tanah Ombak, Herianto: Hidup Sehat dan Terencana

Minggu, 13 Oktober 2019, 09:02 WIB | News | Kota Padang
Gebyar Kampung KB Tanah Ombak, Herianto: Hidup Sehat dan Terencana
Kepala DP3AP2KB Padang, Herianto Rustam bersama Harneli Bahar dan jajaran lainnya, foto bersama usai Gebyar Kampung KB Tanah Ombak di Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat, Ahad (13/10/2019). (veby rikiyanto/valoranews)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Herianto Rustam mengatakan, keberadaan Kampung KB saat ini sangat penting dalam mengedukasi masyarakat terhadap pentingnya merencanakan keluarga sejak dini.

Hal tersebut disampaikan pada Gebyar Kampung KB Tanah Ombak di Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat, Ahad (13/10/2019).

"Melalui Kampung KB pemerintah berharap dapat menggerakkan seluruh sektor dalam mendukung program pembangunan khususnya sektor ekonomi," ujar Herianto.

Saat ini, menurut dia, Kampung KB sudah bergerak ke sektor ekonomi. Dimana, masyarakat diedukasi merencanakan keluarga dari semua aspek termasuk aspek ekonomi.

Melalui Kampung KB masyarakat dilatih dan diberdayakan untuk mampu menghasilkan kreasi-kreasi yang bisa bernilai ekonomi.

Dengan demikian melalui program ini ikut mendukung pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja melalui UMKM yang tentunya juga akan berpengaruh terhadap tingkat ekonomi masyarakat.

"Jadi KB tidak hanya bicara soal jumlah anak, tapi lebih dari itu mampu merencanakan keluarga yang bahagia dan sejahtera," tambahnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Padang, Harneli Bahar mengatakan melalui Kampung KB dapat mengubah pola hidup masyarakat menjadi pola hidup sehat dan terencana.

Keluarga yang terencana serta teredukasi maka dapat menghindarkan anak-anak dari pengaruh negatif seperti narkoba,pergaulan bebas serta penyakit masyarakat lainnya.

"Tiangnya berasal dari keluarga yang terencana, kalau kita mampu menjaga dan menerapkan pola asuh yang baik terhadap anak maka bonus demografi 2030 dapat kita raih. Maka dari itu, Pemko Padang tidak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan program kembali ke meja makan serta 18-21 dalam keluarganya," ujar dia. (vry)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: