Refleksi 10 Tahun Gempa Sumbar: Mahyeldi Tandatangani Komitmen Pencanangan Sumbar Tangguh Bencana

Selasa, 01 Oktober 2019, 17:46 WIB | News | Kota Padang
Refleksi 10 Tahun Gempa Sumbar: Mahyeldi Tandatangani Komitmen Pencanangan Sumbar Tangguh...
Sestama BNPB, Harmensyah (batik coklat berkacamata) di antara kepala daerah di Sumbar saat menandatangani komitmen dalam pencanangan 'Sumbar Tangguh Bencana' di Padang, Senin (30/9/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Semuanya memiliki peran sama dalam menyikapi bencana. Maka itu kami mengimbau, meski Sumbar tak hanya rawan terhadap bencana gempa dan tsunami, namun juga bencana lainnya yaitu letusan gunung berapi, tanah longsor, banjir, dan lain-lain."

"Meski itu diketahui dari para ahli, namun sebenarnya tidak perlu itu kita takutkan. Karena bencana itu hanya datang dan kapan terjadinya tuhan lah yang maha tahu. Oleh karenanya, pemerintah setempat harus menyikapi bagaimana semua SDM bisa dilibatkan. Terutama sekali melakukan simulasi serta sosialisasi pemberdayaan bagi masyarakat," urai dia.

Baca juga: Mahyeldi Lantik 9 Pjs Bupati dan Wali Kota, Audy Joinaldy Ditunjuk jadi Plt Gubernur Hingga 25 November

Ia mengungkapkan, beberapa negara di dunia salah satunya Jepang yang terlihat begitu siap siaga dalam menyikapi bencana seperti halnya gempa disertai tsunami. Persiapan itu mulai dari membangun sarana-prasarana guna mengantisipasi bencana tersebut disertai pemberdayaan SDM masyarakat di sana.

"Jadi konsep seperti itulah yang kita kedepankan. Jika semua itu kita lakukan secara optimal, maka insya Allah kita bisa selamat dari bencana tersebut. Mungkin kita berkaca dari Ambon yang dilanda gempa beberapa waktu lalu, masyarakatnya sudah memilih jalur evakuasi satu arah semua."

"Jadi tidak ada yang berlawanan arah, karena yang kita takutkan yaitu ada yang dari kiri ke kanan juga sebaliknya yang akhirnya menyebabkan jatuhnya korban juga," tukuknya.

Harmensyah berharap, masyarakat di Sumbar harus siap dan tahu apa yang mesti dilakukan mulai dari sebelum dan sewaktu terjadi bencana.

"Kesiapan itu berdasarkan kajian dan terukur sesuai mitigasi bencana. Mari kita sama-sama berupaya dan berdoa agar segala bentuk bencana tidak terjadi di daerah kita dan negara ini. Jikapun itu terjadi kita harus siap dan cerdas menyikapinya, khususnya terhindar dari korban jiwa," pungkasnya. (rls/vry)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024