Kelurahan Rawang Gelar Lomba Balita Sehat: Siapkan Calon Pemimpin Sejak Dalam Kandungan

Jumat, 27 September 2019, 07:37 WIB | News | Kota Padang
Kelurahan Rawang Gelar Lomba Balita Sehat: Siapkan Calon Pemimpin Sejak Dalam Kandungan
Lurah Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Andi Amir bersama paramedis Puskesmas di kelurahan itu, foto bersama dengan peserta Lomba Balita Sehat se-Kelurahan Rawang, Rabu (25/9/2019). (humas)

VALORAnews - Lurah Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Andi Amir menegaskan, mempersiapkan calon pemimpin bangsa haruslah dimulai sedari dini. Bahkan harus dimulai sejak ia berada di dalam kandungan.

"Kesehatan dan asupan gizi mereka harus dipenuhi sejak mereka berada dalam kandungan,hingga mereka berusia lima tahun. Untuk itu, para ibu harus rutin datang ke Posyandu untuk mendapat layanan kesehatan baik buat calon bayi maupun kesehatan si ibu itu sendiri. Jadi, calon pemimpin bangsa harus benar-benar kita siapkan sejak dari dalam kandungan," terang Andi Amir saat membuka Lomba Balita Sehat di Kelurahan Rawang, Rabu (25/9/2019).

Kepala Puskesmas Rawang, Viona Putria mengatakan, Lomba Balita Sehat ini bertujuan meningkatkan kembali kegiatan Posyandu yang ada di wilayah kerjanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Padang yang diwakili Elly Syafril Basyir mengatakan, Lomba Balita Sehat (LBS) bukan hanya sekadar merebut prestasi. . Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pembinaan kesehatan anak sejak dini yaitu sejak dalam kandungan hingga usia Balita.

Baca juga: 100 Balita di Kecamatan Lubeg Kategori Stunting, Camat Ajak Kader Posyandu Susun Langkah Antisipasi

"Dengan kesadaran masyarakat dalam memeriksakan kehamilan serta balitanya ke Puskesmas maupun Posyandu, dapat melindungi anak dari ancaman kematian dan sakit yang bisa mengakibatkan cacat serta untuk membina, membekali dan membesarkan potensinya untuk menjadi manusia tangguh. Pada akhirnya terjadi peningkatan kualitas SDM," papar Elly.

Di samping itu, menurut dia, melalui LBS ini diharapkan, anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun senantiasa sehat dan dapat meningkatkan aspirasi dan memiliki kemampuan baik kecerdasan, inovasi sebagai anak sehingga anak ini memilki kualitas mental yang tangguh, bertaqwa dan beriman. (vry)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: