250 Imam Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi

Selasa, 20 Agustus 2019, 16:48 WIB | News | Kota Padang
250 Imam Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi
Staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik Wali Kota Padang, Azwin, secara simbolis memberikan materi pelatihan pada imam masjid dan mushalla, Selasa (20/8/2019).
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bagian Kesra Setdako Padang tingkatkan kualitas 250 orang imam masjid/mushala yang merupakan perwakilan berbagai masjid/mushala di Kota Padang. Pelatihan ini digelar 20-23 Agustus 2019.

Kepala Bagian Kesra Setdako Padang, Jamilus menyampaikan, tujuan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan imam dalam membaca kitab suci al Quran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid yang mutawatir. Pemateri pelatihan ini, 11 orang narasumber berkompeten sesuai materi yang telah ditentukan.

"Pelatihan ini telah kita mulai sejak 2015. Selama empat tahun itu telah dilakukan pelatihan kepada sebanyak 467 orang sekaligus diberikan insentif setiap bulannya bagi masing-masingnya sebesar Rp150.000," terangnya membacakan laporan kegiatan yang dibuka Staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik Wali Kota Padang, Azwin, Selasa (20/8/2019).

Sementara itu, Azwin mengingatkan peserta, untuk mengikuti seluruh rangkaian materi yang disajikan narasumber secara tekun. Pelatihan ini akan memberikan manfaat, mengingat akan pentingnya kedudukan dan peran imam masjid/mushala bagi jamaah (masyarakat).

Baca juga: DPRD Padang Sahkan Peraturan Tata Tertib dan 4 Pimpinan Defenitif

"Seorang imam yang bagus bacaannya apalagi dihiasi dengan merdunya suara, maka akan terasa khusyuk dalam beribadah. Yang khusyuk tidak bagi imam itu sendiri, akan tetapi makmum pun ikut merasakan khusyuk," papar Azwin.

"Seorang imam shalat juga diwajibkan memahami rukun, syarat sah, sunnah-sunnah dan sesuatu yang membatalkan shalat. Dengan pelatihan ini, semoga peserta telah menjadikan dirinya berkualitas dan mampu membawa jamaahnya dalam kekhusyukan untuk beribadah kepada Allah SWT," harapnya. (rls/vry)

Baca juga: Ketua DPRD Padang 2024-2029 Diemban Muharlion, Wakil Ketua Dijabat Mastilizal Aye, Osman Ayub dan Jupri

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: