Rasa Sejiwa Hantarkan Padang Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2019

Kamis, 18 Juli 2019, 17:05 WIB | News | Kota Padang
Rasa Sejiwa Hantarkan Padang Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik 2019
Wawako Padang, Hendri Septa bersama jajaran, foto bersama usai menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari Kemenpan RB, Kamis (18/7/2019) malam. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Kita berharap, semoga kesuksesan ini Insyaa Allah akan memicu dan menunjang semua kegiatan dan semakin menambah kemajuan di Kota Padang. Kemudian juga kepada seluruh OPD di lingkungan Pemko Padang diharapkan agar giat mencari inovasi-inovasi baru yang memang tujuannya melayani dan meningkatkan kebutuhan warga Kota Padang," imbuh dia.

Selanjutnya, Hendri Septa pun menginginkan agar Pemko Padang terus semakin maju dan lebih baik lagi dan tidak berhenti dari sejumlah penghargaan yang telah diraih.

"Teruslah kita melahirkan ide-ide dan inovasi yang baru. Karena kita sebagai penyelenggara pemerintahan wajib memberikan yang terbaik untuk kota dan warga Kota Padang. Apalagi seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi," terangnya

Baca juga: Program Semata Masuki Tahun Keempat, Hendri Septa; Anggaran Bedah Rumah Naik jadi Rp40 Juta

"Kita harus berinovasi dalam melayani kebutuhan masyarakat sesuai kemajuan tersebut. Sekali lagi atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan selamat atas penghargaan ini," pungkas Hendri.

Kepala Puskesmas Nanggalo, dr Devita Rizqi sewaktu ditanyai menyampaikan, Kota Padang merupakan satu-satunya pemerintah daerah di Sumatera Barat yang masuk Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019. Sebagaimana inovasi pelayanan publik lainnya berasal dari 19 kementerian, 5 lembaga, 12 pemerintah provinsi, 41 pemerintah kabupaten, 21 pemerintah kota, dan 1 dari BUMN.

Top 99 KIPP 2019 merupakan hasil seleksi dari 3.156 proposal inovasi pelayanan publik yang telah terekam dalam Sistem Inovasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) yang diajukan oleh 331 instansi pemerintah se-Indonesia.

"Dimana sebelum penghargaan ini diraih, terakhir Wali Kota Padang mempresentasikan program inovasi Rasa Sejiwa di hadapan Tim Panel Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019 di Ruang Sriwijaya, Kantor Kemenpan RB pada 8 Juli 2019 lalu," jelasnya.

Adapun terkait Program Rasa Sejiwa ini, papar Devita, Rasa Sejiwa merupakan inovasi untuk mengatasi permasalahan terkait Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dengan cara menggerakkan masyarakat (Kader Rasa Sejiwa) untuk melakukan pendataan ODGJ.

Kemudian, pemantauan minum obat (PMO), sosialisasi penangganan ODGJ, mengubah stigma ODGJ di masyarakat, serta mengajak masyarakat untuk memeriksakan keluarga yang mengalami ODGJ.

"Saat ini, kita memiliki 11 orang Kader Rasa Sejiwa di Kelurahan Kurao Pagang yang telah dilatih. Kegiatan kader terus dimonitoring dan dievaluasi. Inovasi ini juga telah melahirkan Posyandu Seroja (Sayangi, Empati, Rawat, Obati Jiwa Raga) khusus menangani ODGJ, termasuk untuk kegiatan terapi aktivitas kelompok khusus pasien gangguan jiwa," paparnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: