Hendri Septa Harapkan BUMN juga Bentuk TRC Seperti Semen Padang

Selasa, 25 Juni 2019, 18:10 WIB | News | Kota Padang
Hendri Septa Harapkan BUMN juga Bentuk TRC Seperti Semen Padang
Wawako Padang, Hendri Arnis didampingi Yosviandri (Dirut PT Semen Padang) dan stakeholder kebencanaan lainnya, meninjau fasilitas dan peralatan kebencanaan TRC PT Semen Padang, dalam kunjungan ke pabrik semen tertua, Selasa (25/6/2019) sore. (humas)

VALORAnews - Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa mengapresiasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang yang selalu standby dan tampil terdepan sewaktu terjadi bencana, terutama banjir dan bencana tanah longsor yang sering terjadi di Jalan Padang-Solok.

"Atas nama Pemko Padang, kami berterimakasih kepada TRC Semen Padang yang selalu konsisten dalam menanggulangi bencana. Seperti longsor di Jalan Padang-Solok contohnya. TRC memang tampil paling depan," kata Hendri saat mengunjungi Mako TRC Semen Padang di kawasan Bukit Atas PT Semen Padang, Selasa sore (25/6/2019).

Dalam kunjungan ke Mako TRC tersebut, juga diikuti Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Klas A (Basarnas) Kota Padang, Asnedi dan Kepala BPBD Padang, Edi Hasymi serta lainnya. Rombongan disambut sejumlah manajemen PT Semen Padang.

Di antaranya Direktur Utama (Dirut) Yosviandri, Kepala Unit Humas dan Kesektetariatan, Nur Anita Rahmawati, Kepala Unit Sarana Umum Nurita Handayani, Koordinator TRC Semen Padang, Kiki Warlansyah dan sejumlah staf dan karyawan PT Semen Padang.

Baca juga: Curah Hujan masih Tinggi di Sekitaran Gunung Marapi, Muhayatul: Siswa Sebaiknya Belajar secara Virtual

Dalam kunjungan itu, Hendri juga meninjau sejumlah fasilitas dan peralatan kebencanaan yang dimiliki TRC Semen Padang, mulai dari peralatan fitness untuk relawan TRC, radio hingga perahu karet serta sarana-prasarana lainnya.

Hendri Septa menilai, apa yang dilakukan TRC Semen Padang sangat penting, sehingga BUMN lainnya yang ada di Kota Padang, juga dapat membentuk relawan kebencanaan seperti yang telah dilakukan PT Semen Padang tersebut.

Ibu kota Provinsi Sumbar ini, terangnya, tidak hanya rawan terhadap banjir dan longsor, tapi juga rawan terhadap bencana gempa dan tsunami.

"Kita sadar, Padang ini rawan bencana, apalagi gempa yang berpotensi tsunami. Dengan adanya TRC dari PT Semen Padang kami tentu berharap, BUMN lainnya juga membentuk relawan kebencanaan. Sehingga jika terjadi bencana, risiko korban yang lebih banyak dapat diantisipasi," ujarnya.

Baca juga: Kementrian PUPR Siapkan 200 Rumah untuk Relokasi Warga Agam di Lokasi Rawan Bencana

Menurut orang nomor dua di Kota Padang itu, risiko korban saat terjadi bencana besar dapat diantisipasi, karena relawan kebencanaan fungsinya tidak hanya melakukan penanggulangan kebencanaan. Tapi juga berperan dalam melakukan mitigasi bencana untuk orang lain. "Minimal untuk keluarganya sendiri," imbuhnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: