Wanita Tangguh Itu Ceritakan Kesehariannya Sebagai Pemecah Batu ke Harneli Bahar

Minggu, 19 Mei 2019, 08:40 WIB | News | Kota Padang
Wanita Tangguh Itu Ceritakan Kesehariannya Sebagai Pemecah Batu ke Harneli Bahar
Ketua TP-PKK Padang, Harneli Bahar didampingi Kepala DP3AP2KB, Heryanto Rustam, berkunjung ke kediaman perempuan dengan profesi pemecah batu, Rita di kawasan Ulu Gadut, kecamatan Lubuk Kilangan, Sabtu (18/5/2019). (humas)

"Ketika hujan, atap sering bocor dan kami harus pindah ke rumah tetangga untuk berteduh," jelasnya.

Rita yang sudah berpisah dengan suaminya sejak lima tahun, berharap, Pemerintah Kota Padang dan TP PKK Kota Padang bisa mencarikan solusi perbaikan rumah, biaya sekolah dan pengobatan ibu serta anaknya.

"Kalau bisa jangan jadi pemecah batu, pekerjaan ini berat dan dilakukan kebanyakan laki-laki, misalnya berdagang, sekalian bisa menjaga anak dan ibu yang sedang sakit," katanya.

Baca juga: Ada 181 Wirausahawan Bidang Agro di Padang

Gayungpun bersambut, Ketua TP PKK Kota Padang itu mengaku kunjungannya ke rumah Rita untuk melihat langsung kondisi Rita bersama anak-anaknya. Sekaligus melihat rumah Rita yang sudah tidak layak huni itu.

"Kita tahu kondisi Rita ketika peringatan Hari Kartini kemaren. Untuk itu, kita kesini melihat secara langsung," ungkapnya.

Dikatakan, pada Ramadhan 1440 H, Pemko Padang dan Baznas Kota Padang akan melakukan bedah rumah dan rumah-rumah tersebut ditargetkan selesai dibedah sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Saya ingin secepatnya rumah ini dibedah. Kita akan koordinasikan dengan Baznas Kota Padang, tapi rumah ini berada di kawasan PT Semen Padang, maka perlu berkoordinasi dengan PT Semen Padang, baru bisa melakukan bedah rumah," jelasnya.

Ia menambahkan, setelah rumah ini selesai diperbaiki, nanti akan dibuatkan kedai kecil-kecilan di depan rumah, sehingga ia bisa berjualan sembari menjaga ibu dan anaknya yang sedang sakit.

Senada dengan itu, Kepala DP3AP2KB, Heryanto Rustam mengatakan, program yang digagas TP PKK Kota Padang ini merupakan program pemberdayaan perempuan. Di kota Padang ini banyak perempuan-perempuan tangguh menjadi tulang punggung keluarga.

"Ada yang jadi tukang sayur, tukang buah dan ada yang berjualan di pasar," jelasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: