Padangpanjang Dihoyak Gempa Akibat Sesar Sianok Bergoyang

Kamis, 28 Maret 2019, 23:29 WIB | News | Kota Padang
Padangpanjang Dihoyak Gempa Akibat Sesar Sianok Bergoyang
Prakiraan lokasi gempa di Padangpanjang, Kamis (28/3/2019), pukul 21.37 WIB.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebagian masyarakat Padangpanjang, Kamis (28/3/2019), pukul 21.37 WIB merasakan adanya guncangan gempabumi. Analisa BMKG Stasiun Geofisika Padangpanjang, diperoleh parameter gempabumi dengan kekuatan 2,9 SR.

"Pusat gempabumi ini berada di darat pada koordinat 0.39 Lintang Selatan dan 100.42 Bujur Timur, sekitar 8 KM Timur Laut Padang Panjang-SUMBAR, pada kedalaman 10 kilometer," ungkap Kepala Stasiun Geofisika BMKG Padangpanjang, Irwan Slamet dalam siaran pers yang diterima.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, terang Irwan, goncangannya dirasakan dirasakan di Padangpanjang dan Tanahdatar I-II MMI. "Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," terangnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, ungkap Irwan, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatera Segmen Sianok. Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Baca juga: Mahyeldi: Potensi Gempa Megathrust Mentawai Sudah Diinformasikan sejak Lama

"Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," harap Irwan.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)," tambahnya. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: