Pemilih Muda dan Pemula di Sumbar Capai Angka 900 Ribu

Senin, 25 Februari 2019, 21:54 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Pemilih Muda dan Pemula di Sumbar Capai Angka 900 Ribu
Anggota KPU Sumbar Gebril Daulai sosialisasi pendidikan pemilih pemula di SMA 1 Ampek Nagari Bayang Utara, Senin (25/2/2019). (romelt/humas kpu sumbar)

VALORAnews -- Ketua Divisi Parmas dan SDM KPU Sumbar, Gebril Daulai mengungkapkan, terdapat sekitar 900 ribuan pemilih dalam rentang usia 20-30 tahun dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Angka ini terdiri dari pemilih muda dan pemula.

"Pemilih dengan usia kurang dari 20 tahun namun telah lebih dari 17 tahun (pemilih pemula-red), jumlah mencapai angka 300 ribuan orang lebih di seluruh Sumatera Barat. Kelompok ini perlu terus diedukasi tentang pentingnya menggunakan hak pilih," ungkap Gebril Daulai saat sosialisasi pendidikan pemilih pemula di SMAN 1 Ampek Nagari Bayang Utara, Senin (25/2/2019).

Sosialisasi ini juga dihadiri anggota KPU Pesisir Selatan, Medo Patria, Lili Suriani, Febriani dan Kepala Sekolah SMA 1 Ampek Nagari Bayang Utara, Rasfi Darmi.

Di kesempatan itu, Gebril mengurai perbedaan Pemilu serentak 2019 ini dengan pemilu sebelumnya. Yakni digelarnya serentak pemilihan presiden dan wakil presiden berbarengan dengan pemilihan anggota legislatif DPR, DPRD dan DPD.

Baca juga: Pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024: Hingga Pukul 18.00 WIB, 5 Parpol Peserta Pemilu Belum Mendaftar di KPU Sumbar

Gebril juga mengajak siswa SMA 1 Ampek Nagari Bayang Utara, memastikan dirinya sudah terdaftar sebagai pemilih sekaligus berupaya mengenali para calon dengan baik.

"Di Tempat Pemilihan Suara (TPS) nanti, adik-adik akan menerima lima jenis surat suara yaitu DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan pasangan presiden," ujar Gebril.

Sementara, Kepala SMAN 1 Ampek Nagari Bayang Utara, Rasfi Darmi mengucapkan terimakasih atas pendidikan pemilih pemula yang dilaksanakan KPU Sumbar. "Dengan sosialisasi pendidikan pemilih pemula ini, semoga partisipasi Pemilu di 2019 juga meningkat serta anak-anak didik kami bisa memahami bagaimana proses pemilu tersebut." ujar Rasfi Darmi.

Sosialisasi ini juga menghadirkan Komunitas Pemusik Jalanan (KPJ). "KPJ telah sambangi 12 kabupaten kota di seluruh Sumbar untuk sosialisasi pendidikan pemilih. Hari ini juga, hari terakhir setelah tadi pagi di Pasar Bayang Kecamatan Bayang dan SMA 1 Ampek Nagari Bayang Utara, Kecamatan Bayang Utara Pesisir Selatan," ujar Ketua KPJ, Dudung.

Baca juga: 1 Bakal Calon DPD Dapil Sumbar Tak Lanjutkan Proses, 6 Manfaatkan Masa Perpanjangan

"Apresisasi juga dari KPJ untuk adik-adik yang antusias mengikuti sosialisasi Pemilu, kami juga berikan hadiah sovenir Pemilu kepada adik adik dari SMA 1 IV Nagari Bayang Utara," tutur Dudung. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: