Asrama Haji Tabing akan Dilengkapi Fasilitas Setara Hotel Bintang 3

Jumat, 18 Januari 2019, 18:18 WIB | News | Kota Padang
Asrama Haji Tabing akan Dilengkapi Fasilitas Setara Hotel Bintang 3
Wali Kota Padang, Mahyeldi dan staf, foto bersama usai berdialog dengan Kepala UPT Asrama Haji Kota Padang, Ali Amran seputar rencana pengembangan kawasan itu dengan sebuah hotel setara bintang 3, Jumat (18/1/2019). (humas)

VALORAnews - Wali Kota Padang, H Mahyeldi menyambut baik rencana pengembangan pembangunan gedung baru untuk lebih mengkonritkan pusat embarkasi haji di lingkungan Asrama Haji Parupuk Tabing, Kecamatan Kota Tangah. Sebagaimana sesuai keputusan dari Kementerian Agama bangunan yang dibangun nantinya setara hotel bintang tiga.

"Dibangunnya pusat embarkasi haji di kawasan Asrama Haji Parupuk Tabing ini, sangat erat kaitannya untuk mempererat hubungan dengan pemerintah Arab Saudi," kata Mahyeldi sewaktu audiensi bersama Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Asrama Haji Kota Padang, Ali Amran, Jumat (18/1/2019).

Dikatakan, Pemerintah Kota Padang saat ini tengah serius dan komit menjalin kerja sama 'sister city' dengan Madinah. Tujuannya tentu untuk lebih mengkonkritkan keberangkatan jamaah haji asal Sumatera Barat terutama dari Kota Padang ke Tanah Suci Mekkah.

Menurut Mahyeldi, telah dibangunnya gedung pusat embarkasi haji di Kota Padang diharapkan memberikan pencerahan dan peningkatan. Karena, hal ini sangat erat kaitannya dengan jamaah haji, sebelum berangkat dan usai melaksanakan ibadah haji tidak perlu susah membawa belanjaannya ke Tanah Air.

Baca juga: UPDATE: Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang di Sumbar jadi 34 Orang

"Karena sudah bisa langsung didistribusikan. Baik berupa Al Quran, air Zam-Zam, kurma dan souvenir lainnya melalui Dinas Perdagangan Kota Padang," ucapnya didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP), Yenni Yuliza di kesempatan itu.

Kepala UPT Asrama Haji Kota Padang, Ali Amran mengatakan, sejak Maret 2015 lalu, Asrama Haji Kota Padang sudah menjadi UPT yang langsung dibawah naungan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI. Untuk di Sumatera, ada sebanyak tiga UPT yakni di samping Padang yakni Aceh dan Medan.

"Untuk penambahan lokasi asrama haji, perlu dilakukan revitalisasi pengembangan asrama haji. Alhamdulillah, Pemerintah Kota Padang telah bersedia memberikan aset berupa tanah yang ada di sekitar komplek asrama haji, guna untuk membangun gedung pusat embarkasi haji," katanya.

Dia menyebutkan, dengan telah dibangunnya pusat embarkasi haji 2019 ini, diyakini akan menjadi pendapatan negara bukan pajak. Sehingga, asrama haji bisa menghidupkan diri sendiri dan tidak menjadi beban dan tanggungan terhadap anggaran negara. Kemudian, bisa menyumbang untuk pendapatan negara.

Baca juga: Walau Mobil Dinas Nyaris Terseret Longsor di Sitinjau Lauik, Mahyeldi Tetap Turuni Jurang Ikut Evakuasi Korban

"Untuk itu Embarkasi jemaah haji dibangun setara dengan hotel berbintang tiga. Dapat menampung 850 orang, saat ini telah dibangun sebanyak 75 kamar dengan kapasitas 3 orang untuk satu kamar," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: