Puskesmas Padang Pasir Bidik Pasangan Usia Subur Ikuti IVA Test

Rabu, 09 Januari 2019, 20:49 WIB | News | Kota Padang
Puskesmas Padang Pasir Bidik Pasangan Usia Subur Ikuti IVA Test
Camat Padang Barat, Eri Sendjaya didampingi Kepala Puskesmas Padang Pasir, dr Winanda memberikan keterangan pers tentang IVA Test di Media Center Balaikota Padang, Rabu (9/1/2019). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Dengan deteksi dini dimaksudkan untuk meminimalisir penderita kanker serviks, juga mempermudah mengobatinya karena sudah dideteksi secara dini. Kanker serviks merupakan jenis kanker yang memiliki peringkat prevalensi kedua setelah kanker payudara yang banyak ditemukan di Indonesia. Dibutuhkan motivasi dan keberanian untuk menjalani tes IVA," ulas Winanda.

Pada kesempatan yang sama, Camat Padang Barat, Eri Senjaya berharap, kegiatan IVA Test tentunya dapat membantu meningkatkan kesehatan perempuan usia kawin subur 30-50 tahun khususnya di Kecamatan Padang Barat.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi bentuk upaya penyadaran bagi masyarakat luas, agar mau secara sukarela melakukan deteksi dini terhadap bahaya gejala kanker leher rahim melalui IVA Test.

Baca juga: DPRD Padang Sahkan Peraturan Tata Tertib dan 4 Pimpinan Defenitif

"Saya juga berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi bagian upaya promotif dan preventif pada masyarakat luas pada umumnya, dan pekerja wanita pada khususnya. Kegiatan ini merupakan upaya kita untuk membangun kesadaran masyarakat luas, agar mau secara sukarela melakukan deteksi dini adanya kanker leher rahim dengan menggunakan Pemeriksaan IVA test serta melaksanakan pola hidup yang sehat, baik dan seimbang," harap Eri Senjaya.

"Untuk yang terdeteksi positif IVA langsung ditangani dengan pengobatan. Kalau yang sudah tidak bisa ditangani langsung direkomendasi untuk dirujuk ke rumah sakit. Pemeriksaan IVA berjaring dengan BPJS, jika ada yang positif akan didampingi sampai selesai," tambah staf Puskesmas Padang Pasir Erliana. (rls/vry)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: