Baznas Padang Gelar Khitan Gratis, Mahyeldi: Potensi ZIS Padang Capai 1 Triliun

Senin, 24 Desember 2018, 19:45 WIB | News | Kota Padang
Baznas Padang Gelar Khitan Gratis, Mahyeldi: Potensi ZIS Padang Capai 1 Triliun
Para medis dari RS Unand, tengah menyunat berbagai anak dari keluarga kurang mampu pada kegiatan khitan gratis yang digelas Baznas Padang, di kantor lembaga itu, Jl Padang Bypass, Senin (24/12/2018). (humas)

VALORAnews - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang, menggelar khitan gratis bagi seribu anak, Senin (24/12/2018). Anak-anak yang dikhitan umumnya tersenyum bahagia, karena mereka juga mendapatkan perlengkapan sekolah dan uang jajan dari Baznas.

Sesuai tema khitan gratis yang diusung Baznas, "Senyum Bahagia Mereka, Bukti Kepedulian Kita," itu, digelar di kantor Baznas Padang, Jalan Padang Bypass.

Wali Kota Padang, H Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan, khitan gratis bagi anak-anak dari kalangan masyarakat yang kekurangan biaya ini, merupakan bentuk program kemaslahatan umat.

"Ini merupakan tugas Baznas dalam rangka mengatur zakat, infak dan sadaqah dari orang-orang yang mampu untuk disalurkan dalam bentuk program kepada mereka yang berhak," kata Mahyeldi.

Baca juga: 7 Penerima Beasiswa Baznas Agam Lulus Cumlaude, Ini Kata Isman Imran

Dia menambahkan, Baznas Kota Padang sudah membuktikan pengelolaan keuangan dengan profesional. Selain tepat penyalurannya, juga tidak ada permasalahan dengan laporannya, sehingga mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Dengan pengelolaan yang profesional dan laporan keuangan yang baik, Baznas Padang layak mendapat kepercayaan dalam mengelola potensi zakat yang lebih besar lagi," ujar Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, potensi zakat di luar Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Padang masih cukup besar, belum termasuk zakat anggota DPRD. "Potensinya mencapai Rp1 triliun," sebut Mahyeldi.

Sementara itu, Wakil Ketua Baznas Padang Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Nursalim mengatakan, kegiatan khitan gratis kali ini bekerjasama dengan RS Unand. Selain itu ada beberapa pihak yang menjadi sponsor.

Baca juga: Sekda Bukittingi Lantik 4 Pimpinan BAZNas Pengganti Antar Waktu Periode 2020-2025

Nursalim didampingi Wakil Ketua lainnya, Firdaus Siril dan Elni Sumiati serta Kepala Bidang Pendistribusian, Industriadi mengatakan, kegiatan khitan gratis juga menggandeng LSM Meja Putih untuk Kecamatan Pauh dan Kuranji dengan jumlah anak yang dikhitan sebanyak 220 orang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: