Padang Siapkan Lahan 10 Hektare untuk Penas XVI

Selasa, 18 Desember 2018, 20:29 WIB | News | Kota Padang
Padang Siapkan Lahan 10 Hektare untuk Penas XVI
Kadis Pertanian Padang, Syaiful Bahri memberikan keterangan pers tentang Penas XVI di Media Center Balaikota Padang, Rabu (19/12/2018). (humas)

VALORAnews - Kota Padang didaulat jadi tuan rumah Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI pada 20-25 Juni 2020. Diperkirakan, sebanyak 50 ribu petani dan nelayan akan berkumpul di Ibu Kota Provinsi Sumbar ini.

Kadis Pertanian Padang, Syaiful Bahri mengatakan, Pemprov Sumbar telah memulai mempersiapan lahan untuk Penas KTNA. Dalam Penas tersebut, akan dilakukan penanaman berbagai jenis tanaman buah-buahan, termasuk menyediakan kolam untuk diisi berbagai jenis ikan.

Demikian dikatakan Syamsul Bahri kepada wartawan di Media Center Balaikota Padang, Rabu (19/12/2018). Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan forum pertemuan yang telah berlangsung sejak 1971 dan jadi bagian yang sangat strategis dalam upaya membangun kesepaham diantara berbagai stakeholder sektor pertanian maupun perikanan.

Selain itu, lanjut dia, pertemuan tersebut merupakan forum untuk saling bertukar pikiran informasi antar kemitraan jejaring kerjasama antar petani, nelayan, peneliti, penyuluhan, pihak swasta dan pemerintah.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

"Kegiatan Penas di Kota Padang Sumbar tentu diharapkan menjadi momentum kebangkitan KTNA untuk masa depan petani-nelayan secara nasional," ungkap dia.

Menurut Syaiful Bahri, Kota Padang memiliki potensi, produksi, pengolahan hasil tani dan nelayan serta pemasaran yang berdaya saing demi meningkatkan kedaulatan pangan, kesejahteraan guna menunjang pembangunan berkelanjutan.

Dia berharap, Penas KTNA di Padang nantinya akan mampu menggairahkan sektor pertanian dan perikanan yang mampu membangkitkan semangat menuju kemandirian, ketahanan serta kedaulatan pangan Indonesia.

Sementara itu, Kadis Pangan Kota Padang, Syahrial mengatakan persiapan kegiatan yang mengundang peserta sebanyak 50 ribu orang dari seluruh Indonesia tersebut sudah sangat bagus, dan tidak banyak kendala selama proses pelaksanaan ini.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Kata Syahrial, pelaksanaan pembukaan Penas KTNA ini nantinya berpusat di Balaikota Padang. Selama sepuluh hari kegiatan itu para peserta dipastikan memilki jadwal sangat padat dalam menjalani semua bentuk-bentuk kegiatan yang sudah disusun.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: