Festival Siti Nurbaya 2018 Meriah, Mahyeldi: Semoga Potensi Pariwisata Meningkat

Senin, 12 November 2018, 19:02 WIB | News | Kota Padang
Festival Siti Nurbaya 2018 Meriah, Mahyeldi: Semoga Potensi Pariwisata Meningkat
Wali Kota Padang, Mahyeldi dan Forkopimda serta pimpinan OPD, foto bersama dengan para pemenang pada berbagai lomba yang digelar pada Festival Siti Nurbaya ke-8, di pinggir Pantai Cimpago, Ahad (11/10/2018) malam. (humas)

VALORAnews - Perhelatan Festival Siti Nurbaya (FSN) ke-8 tahun 2018 yang berlangsung selama 9-11 November, telah mampu menghadirkan makna tersendiri bagi warga Kota Padang. Hal itu terlihat dari berbagai kegiatan yang dilombakan ternyata mampu memancing animo pengunjung untuk menyaksikan.

Mulai lagu antar etnis, lomba permainan anak nagari seperti pacu tempurung dan enggrang, disusul lomba mangukua kerambia (memarut isi kelapa), lomba menggiling cabai bagi kaum pria, lomba musik jalanan, lomba drama pendek Siti Nurbaya, lomba band musik Minang serta pelbagai hiburan lainnya. Kecamatan Padang Barat sukses keluar sebagai juara umum dalam ajang tersebut.

Walikota Padang, H Mahyeldi mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang menyambut baik gelaran FSN tersebut. Karena agenda tahunan itu mampu melihatkan kekhasan dan keunikan seni dan budaya Minangkabau yang ada di Kota Padang.

"Alhamdulillah, kegiatan-kegiatan perlombaan yang ditampilkan dalam festival ini mampu mengangkat dan mengungkit potensi seni dan budaya Minangkabau. Ini tentunya jadi potensi yang akan terus kita hadirkan dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata di Kota Padang," ucap Mahyeldi sewaktu menutup resmi FSN ke-8 di pinggir Pantai Cimpago, Ahad (11/10/2018) malam.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Diharapkan Mahyeldi, dengan hadirnya kesenian-kesenian dan budaya-budaya yang khas dimiliki Kota Padang dalam FSN ini diharapkan akan lebih memajukan dan mensukseskannya lagi. Dia pun juga mengapresiasi berbagai lomba yag ditampilkan salah satunya lagu antar etnis dalam ajang ini.

"Kepada warga masyarakat Kota Padang yang terdiri dari berbagai etnis, silahkan terus hadirkan dan tampilkan seni dan kebudayaan masing-masing. Hal ini tentunya akan memperkaya dan memberikan daya tarik orang datang ke Kota Padang," terangnya.

"Salah satunya dapat aktualisasikan melalui Festival Siti Nurbaya dan In Syaa Allah, Kota Padang akan bisa menghadirkan berbagai suguhan menarik melalui seni budayanya. Sehingga kota ini akan lebih ramai lagi dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara," imbuhnya.

Kepala Disbudpar Padang, Medi Iswandi menyebutkan, festival ini merupakan bahagian dari upaya terutama untuk melestarikan seni dan budaya yang menjadi potensi wisata Kota Padang.

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

"Kita tahu, potensi terbesar bagi kita di Kota Padang tidak hanya alam, tapi juga kearifan lokal dan budayanya. Bisa dikatakan wisatawan datang ke kota ini intinya karena ingin melihat budaya yang berbeda secara langsung ke negeri asalnya. Untuk itulah kita wajib melestarikan potensi seni dan kebudayaan yang ada, sehingga juga menjadi bagian potensi dari pariwisata kota ini," tukasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: